1 Tottenham vs Arsenal 0

Foto: Reuters/Andrew Couldridge

LONDON – Tottenham Hotspur mencatat kemenangan 1-0 atas Arsenal dalam laga bertajuk North London Derby di Stadion Wembley, Sabtu (10/2) malam. Ini adalah kemenangan ke-53 Spurs atas Arsenal sepanjang sejarah pertemuan kedua tim.

Kedua tim bermain agresif sejak awal. Spurs memperoleh peluang dari Herry Kane, Son Heung-Min, dan Christian Eriksen. Sementara Arsenal mengancam gawang tuan rumah melalui dua kans rekrutan anyar Pierre-Emerick Aubameyang.

Eric Dier turut mengancam pada menit ke-14. Sayang sundulannya terlalu lemah. Empat menit berselang giliran sepakan Son yang masih mampu diantisipasi kiper Arsenal Petr Cech.
Kane dan Eriksen mencetak dua peluang beruntun pada menit ke-25 dan 27. Sayang masih belum berbuah gol. Arsenal membalas lewat tembakan first time Henrikh Mkhitaryan pada menit ke-35. Lagi-lagi bola melebar.

Babak pertama ditutup dengan tembakan jarak jauh Hector Bellerin. Akan tetapi bola justru mengarah ke atas gawang. Tak ada sebiji gol pun yang lahir hingga pemain kedua tim memasuki kamar ganti.
Harry Kane membuka babak kedua lewat golnya pada menit ke-49 memanfaatkan assist Ben Davies. Kane berhasil mengatasi Laurent Koscielny lalu menyundul bola ke pojok kiri bawah gawang Cech. Spurs unggul 1-0.

Kane hampir mencetak gol tambahan pada menit ke-51 dan 53. Sayang penyelesaian akhir Kane masih belum sempurna. Tembakan bebas nan indah dilepaskan Eriksen pada menit ke-57. Kali ini Cech mampu menangkisnya.

Jack Wilshere memberikan ancaman serius ke gawang Spurs pada menit ke-68. Sayang kans emas itu berhasil digagalkan kiper Hugo Lloris. Dele Alli dan Erik Lamela hampir memperbesar keunggulan Spurs andai finishing touch-nya sempurna.

Cech tampil gemilang di pertandingan ini. Meski gagal menghentikan gol Kane di awal paruh kedua, mantan kiper Chelsea tersebut melakukan banyak penyelamatan sepanjang pertandingan.

Lamela hampir mencetak gol kedua untuk Spurs pada menit ke-89. Namun tembakannya melenceng tipis dari sasaran. Lacazette memperoleh peluang bagus pada masa tambahan waktu. Sayang sepakan volinya tak berbuah gol. Skor 1-0 untuk Spurs bertahan hingga bubar laga.

Gol Kane ini juga menandai rekor apiknya saat berjumpa Arsenal. Tercatat, Kane sudah mencetak tujuh gol dari tujuh pertemuan terakhirnya kontra The Gunners. Sebagaimana dikatakan oleh Eric Dier, gelandang Tottenham, Harry Kane memang suka mencetak gol ke gawang Arsenal.

Menurutnya, melihat pertandingan tadi, Kane harusnya bisa mencetak beberapa gol lagi. “Harry Kane memang suka mencetak gol lawan Arsenal. Dia harusnya bisa mencetak beberapa gol lagi pada pertandingan tersebut,” ujar Dier pada BBC Sport.

Menurutnya, Tottenham berhasil menang karena berhasil mendominasi di babak ke dua dan menciptakan beberapa peluang berbahaya. Meskipun timnya sempat kesulitan di menit-menit akhir pertandingan, Dier menyebut bahwa rekan setimnya menunjukkan perjuangan yang luar biasa.

“Kami mendominasi pertandingan di babak ke dua dan kami memperlihatkan serangan balik yang cukup baik. Kami berhasil menciptakan banyak peluang meskipun kami harus bekerja keras di menit-menit terakhir,” pungkasnya. (adk/ion)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!