10 Persil Masih Nego Ganti Rugi

HAMPIR RAMPUNG: Pengerjaan Jembatan Musi IV kini hampir rampung. Namun untuk akses menuju jembatan tersebut masih terkendala sekitar 10 persil yang belum ada kesepakatan besaran ganti rugi yang dianggap menguntungkan bagi sebagian warga. Foto: Budiman/Sumatera Ekspres

PALEMBANG- Pembayaran ganti rugi lahan dan bangunan untuk akses jalan Jembatan Musi VI bakal dilaksanakan bulan ini. Namun ternyata, hingga kemarin setidaknya masih ada warga selaku pemilik 10 persil yang menolak untuk diganti atau dibebaskan. “Kalau ditotal, sekitar 10 persil lagi yang belum setuju. Sedangkan untuk yang lain sudah menyatakan kesediaan untuk dibebaskan,” kata Camat Seberang Ulu I, Novran Hansya melalui Kasi Pemerintahan, Aris Varizal yang ditemui di ruang kerjanya, kemarin.
Disebutkannya, untuk warga yang menolak dibebaskan tadi, dengan berbagai alasan yang bisa diterima. Seperti belum tercapai kesepakatan nilai ganti rugi, masih proses sengketa ataupun beberapa ahli waris persil tadi masih ada yang keberatan untuk dibebaskan. “Itu hak dari masyarakat, jangan sampai ini akan mengganggu proses pekerjaan di lapangan. Yang pasti, bagi mereka yang setuju akan secepatnya dibayarkan. Dengan catatan sudah ada konfirmasi dari pejabat pembuat komitmen (PPK). Kalau kita, inginnya secepat mungkin dibayarkan,” tegasnya.
SN, warga Jl KH Azhari mengungkapkan, secara umum pihaknya tidak keberatan dengan rencana dari pemerintah yang akan membangun jembatan dan akses jalan yang melalui tanahnya tersebut. Hanya saja, agar besaran angka ganti rugi bisa naik dari yang ditawarkan saat ini. Pasalnya, dengan kondisi sekarang, harga yang ditawarkan dirasanya masih kurang.
“ Kalau memang sudah ada kecocokan harga tentu akan kita lepas. Karena ini hasil kesepakatan keluarga dan ahli waris. Pasalnya, uang ganti rugi ini, akan digunakan untuk membeli rumah dan tanah lagi. Sebagian sisanya akan disimpan. Kalau hanya cukup beli rumah lagi, masih kurang. Sebab harga sekarang terus naik,” pungkasnya. (afi/lia/ce2)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!