12 Gempa Susulan Terjadi di Tasikmalaya Hingga Siang Ini

TASIKMALAYA – Sebanyak 12 gempa susulan terjadi di sekitar Tasikmalaya, Jawa Barat, hingga Sabtu (16/12) siang.

Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat tak khawatir meski ada deteksi gempa baru di Garut pada pukul 07:25 WIB.

“Sejauh ini tidak ada yang mengkhawatirkan,” terang Kepala Bagian Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko pada JawaPos.com, Sabtu (16/12).

Hary menjelaskan, tidak semua gempa yang datang setelah gempa utama merupakan gempa susulan.

Seperti yang terjadi di Garut pagi ini pukul 07.25 WIB dengan kekuatan 5,7 SR kedalaman sepuluh kilometer.

Menurut Harry, gempa yang terjadi di Garut tadi pagi, adalah gempa baru.

“Gempa Garut yang kekuatannya 5,7 SR kedalamannya sepuluh kilometer lokasinya berbeda dengan lokasi yang tadi malam. Jadi, itu konteksnya bukan gempa susulan. Itu merupakan gempa baru yang muncul agak selatan karena jaraknya jauh dari pinggir pantai,” jelasnya.

BMKG menginformasikan bahwa daerah rawan gempa masih di bagian Selatan Jawa Barat.

Jadi, jika gempanya dekat dengan Jawa Barat, maka tingkat kerusakan yang lebih banyak ada pada wilayah Jawa Barat, terutama bagian Selatan.

Untuk wilayah Jawa Tengah juga memungkinkan kerusakan, tapi hanya pada wilayah Selatan.

Baca Juga :  Cuaca Ekstrem hingga 2-3 Hari ke Depan

Terkait banyaknya gempa susulan, Hary mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan mengikuti arahan dari BNPB, BPBD, dan instansi yang berwenang dalam menangani bencana.

“Masyarakat diharapkan tetap waspada dengan kejadian gempa bumi yang pada umumnya (gempa susulannya) kekuatannya semakin kecil. Kalau nanti ada gempa yang lebih besar atau kecil yang mendekati angka tadi pagi, dilihat lokasinya atau posisinya dulu. Kalau beda lokasi itu bukan gempa susulan tetapi gempa baru,” pungkasnya. (rgm)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!