17 Tahanan Polres Malang Kabur

200
Ilustrasi

JAKARTA—Kejadian tahanan kabur kembali terjadi. Sebelumnya, tujuh tahanan kabur di Rutan Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dittipid Narkoba) Bareskrim Polri, yang berhasil ditangkap kembali. Kemarin (19/4), sebanyak 17 tahanan kabur dari rutan Polres Malang.
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divhumas Mabes Polri Brigjen Rikwanto menuturkan, kejadian kaburnya tahanan tersebut diprediksi sekitar pukul 02.00. ”Kemungkinan kaburnya 17 tahanan ini sudah dirancang cukup lama,” terangnya.
Belasan tahanan yang kabur itu melakukan pembobolan pada atap kamar mandi tahanan. Selanjutnya, mereka keluar secara bergantian. ”Mereka menjebol atap dan memotong besi dengan gergaji,” ujarnya.
17 tahanan tersebut yakni, Khusnul Muhajar, Bendot, Rusdi Adi, Slamet, Toni Aji, Fahrul Agus, Suyadi, M. Nawir, Iwan Junaidi, Ahmad Naimul, Karisma, Abdul Rohman, Adi Mustofa, Nurhadi, Burhanudin, Faris dan Ali. ”Kemungkinan mereka bergantian untuk menjebol dan menggergaji,” jelasnya.
Menurutnya, pengejaran terhadap tahanan kabur itu terus dilakukan. Tentunya dengan mendeteksi kemungkinan lokasi tujuan kaburnya tahanan. ”Tentu dipastikan ke mana mereka, dilihat dari keluarga dan sebagainya,” ujarnya.
Yang pasti, nantinya perlu untuk dilakukan evaluasi terkait kekuatan dari rutan tersebut, serta mendeteksi bagaimana cara memasukkan gergaji ke dalam rutan. ”Setelahnya tentu dilakukan perkuatan,” paparnya.
Dia mengatakan, setelah diketahui hasil evaluasinya, maka diharapkan kejadian serupa tidak terjadi. ”Yang pasti semua sedang dilakukan. Utamanya, tahanan kabur bisa segera tertangkap,” jelasnya. (idr/air/ce2)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!