2 Juta Orang Dievakuasi dari Banjir Jepang

Foto udara menunjukkan warga setempat diselamatkan dari rumah yang tenggelam menggunakan helikopter di daerah banjir di wilayah Kurashiki, Jepang. Foto: REUTERS

Wilayah Jepang bagian barat mengalami banjir dan longsor akibat hujan yang derasnya di luar dari kebiasaan. “Kami belum pernah mengalami hujan seperti ini sebelumnya,” kata seorang pejabat urusan cuaca.

Lebih dari 60 orang dilaporkan tewas dan puluhan lainnya hilang akibat air hujan memenuhi badan sungai hingga meluap di Hiroshima dan sejumlah daerah lainnya. Dua juta orang diperintahkan untuk pindah ke tempat aman. Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan petugas penyelamat berpacu dengan waktu. “Masih banyak orang yang hilang dan lainnya membutuhkan pertolongan,” kata PM Abe kepada para reporter hari Ahad (8/7/2018) seperti dikutip BBC.

Sejak hari Kamis bagian barat Jepang menerima curahan hujan lebih dari biasanya yang biasa turun sepanjang bulan Juli. Akibatnya, banjir dan longsor terjadi di mana-mana. Kebanyakan kematian dilaporkan terjadi di Prefektur Hiroshima. Di kota Motoyama, hujan 583mm turun hanya dalam kurun waktu Jumat pagi sampai Sabtu pagi saja.Hujan susulan, dengan kekuatan lebih dari 250mm diperkirakan akan turun di sejumlah daerah sampai hari Senin. Seorang pejabat dari Badan Meteorologi Jepang dalam konferensi pers mengatakan, “Ini adalah situasi yang sangat berbahaya.” (bbc/int)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!