200 Pemanah Bersaing

Harnojoyo didampingi Nirmala Dewi dan Isnaini memanah dari atas jeep. foto: budiman sumeks.co.id

PALEMBANG – Gencarnya promosi pariwisata harus pula diiringi dengan berbagai atraksi yang menarik perhatian wisatawan. Hal ini pula yang mengilhami Dinas Pariwisata Kota Palembang menggelar kegiatan bertajuk “Palembang Memanah” di venue memanah, Jakabaring Sport City (JSC), Sabtu (6/5).

Wali Kota Palembang H Harnojoyo membuka langsung kegiatan yang akan berlangsung dua hari, 6-7 Mei itu. Tak hanya dari sisi wisata, kolaborasi olahraga memanah dengan tradisi Palembang ini diharapkan pula dapat menjaring bibit atlet ke depan.

“Komitmen kami memajukan olahraga adalah dengan menggelar kegiatan (kejuaraan) seperti ini. Namun tentu diselipkan pula agenda promosi, yang bisa dilihat dan dirasakan langsung oleh para peserta,” kata Harnojoyo.

Ada lebih dari 200 peserta yang ikut. Mereka mengenakan pakaian tradisional, tanjak yang menjadi ciri khas Sumsel dan Palembang. Mulai dari kelompok umur SD, SMP, dan SMP. Bahkan dari daftar peserta, diketahui mereka tidak hanya berasal dari Palembang, melainkan pula dari daerah lain.

Pemkot menilai, konsep Sport Tourism ini menjadi salah satu yang bisa diandalkan. Sebab, selama ini, Palembang diketahui sebagai pusat olahraga yang memiliki fasilitas terbaik dan mampu bersaing secara nasional bahkan internasional.

Oleh karena itu, Harnojoyo juga berharap kerja sama, seperti saat ini dengan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Sumsel bisa terus dilakukan. Begitu pula dengan induk organisasi olahraga lain, yang tentu akan menarik perhatian jika dikemas dengan konsep yang menarik.

Baca Juga :  Lihat Nih... Musisi Palembang All Star Konser

“Pertama kali coba, saya juga langsung suka. Apalagi ini merupakan olahraga yang disunahkan oleh Rasulullah. Karena itu, mari kita beramai-ramai berolahraga, salah satunya dengan memanah ini,” ajak Harnojoyo.

Dalam pembukaan secara simbolis, Harnojoyo bersama jajaran Perpani Sumsel Nirmala Dewi, dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang menunjukkan kebolehan mereka. Memanah dari atas mobil jeep yang sengaja dihadirkan untuk memberikan warna dalam kegiatan tersebut.

Isnaini, yang didampingi Kepala Bidang Promosi dan Destinasi Wisata, Hanafiah mengungkapkan jika di luar pertandingan bagi para peserta, Dinas Pariwisata Sumsel berharap gelaran ini dapat dilakukan kedepan, dengan skala yang lebih besar.

“Melihat animo yang luar biasa ini, promosi tentu akan kami tingkatkan agar dapat digelar kegiatan serupa berskala nasional,”jelas Isnaini.Menurutnya, yang juga menjabat sebagai Ketua Perpani Kota Palembang, upaya ini juga meurpakan salah satu cara menggemakan kota Palembang sebagai salah satu tuan rumah Asian Games 2018 mendatang, bersama Jakarta.

Sementara Ria, salah satu peserta cukup senang setelah ia mampu mengenai target dalam
kesempatan memanah tersebut. Kendati tidak persis berada ditengah sasaran, ia cukup bangga dengan capaiannya.“Nanti belajar lagi. Coba lagi biar mahir. Tapi kegiatan seperti ini memang bagus dan harus sering dilakukan,” tandasnya. (aja)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!