229 Pemandu Sorak Korut Tiba di Korsel

Foto: AFP

Sebanyak 229 pemandu sorak dari Korea Utara tiba di Korea Selatan, Rabu (7/2). Mereka mengenakan mantel merah dan topi hitam. Kedatangan mereka untuk mendukung atlet kedua Korea di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang. Mereka termasuk di antara 280 anggota delegasi yang melintasi Zona Demiliterisasi yang membagi dua Korea di pos perbatasan Dorasan Utara, Seoul.

Wanita pemandu sorak tampak senang saat tiba di Korea Selatan dan bertukar komentar dengan beberapa wartawan Korea Selatan. “Saya senang bertemu dengan Anda,” kata salah satu pemandu sorak, dilansir dari laman AFP.

Dia mengaku masih merahasiakan penampilan mereka saat menjadi pemandu sorak nanti. “Anda harus menunggu, jika saya katakan sekarang, akan sangat tidak menyenangkan saat melihatnya.” Pemilihan pemandu sorak juga tidak sembarang. Mereka melewati proses yang ketat, dipilih melalui latar belakang keluarga mereka, penampilan, keterampilan, dan kesetiaannya kepada Partai yang berkuasa.

Korea Utara pernah mengirim pemandu sorak untuk tiga acara olahraga internasional yang diselenggarakan oleh South Asian Games 2002 di Busan, Universiade Musim Panas 2003 di Daegu dan Kejuaraan Atletik Asia 2005 di Incheon. Salah satu anggota pemandu sorak tahu 2005, Ri Sol Ju, kini menjadi istri Presiden Korea Utara Kim Kong Un. (afp/int)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!