24-31 Juli Relokasi 608 Pedagang Cinde

Pedagang Pasar Cinde mengikuti pengundian lapak-kios untuk tempat penampungan sementara yang dilakukan, Senin (17/7). Foto: Alfery/Sumeks

PALEMBANG – Relokasi pedagang pasar Cinde ke tempat penampungan sementara, baru mendapat kepastian. Diberikan waktu selama 24-31 Juli, bagi 608 pedagang setelah mengikuti pengundian lapak-kios di tempat penampungan sementara, Senin (17/7).

”Sebanyak 90 persen mereka setuju direlokasi,” kata Direktur Utama PD Pasar Palembang Jaya, Asnawi P Ratu, di sela pengundian lapak-kios di Pasar Cinde, kemarin.

Tinggal nanti melihat perkembangannya apakah semua pedagang akan menempati los sesuai nomor yang sudah didapatkannya atau sebaliknya. Dia juga kembali menegaskan, seperti yang dikatakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sumsel, Akhmad Najib, dalam rapat di kantor Gubernur Sumsel, Kamis (13/7) lalu,

Yakni, pedagang yang menempati los dan kios di tempat penampungan sementara Jl Cinde Welan, Letnan Jaimas, dan depan Pasar Cinde, tidak dipungut biaya sewa atau retribusi apapun. “Tidak dipungut biaya retribusi selama relokasi, sehingga mereka bisa berjualan secara nyaman,” tegas Asnawi.

Soal pengawasan, nantinya akan dilakukan langsung oleh pengawas Pasar Cinde. Setiap hari memantau kegiatan pedagang, di tempat penampungan sementara. “Sanksinya belum tau (jika masih ada yang menarik retribusi,red). Karena relokasi baru akan mulai dilakukan,” tukasnya.

Tak hanya itu, Pemerintah Kota Palembang berjanji kepada semua pedagang (eksisting) nantinya akan ditempatkan kembali ke dalam pasar Cinde setelah direvitalisasi. Untuk lahan parkir pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dishub Palembang untuk menyiapkan tiga lokasi yakni di depan Pasar Cinde Jl Jenderal Sudirman, depan Bank Mandiri dan eks bioskop Cineplex. (yun/air)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!