30 Mahasiswa Program PKG Pulang Kampung

SELFIE: Kadisdik Sumsel Drs Widodo selfie bersama dengan puluhan lulusan dari dua perguruan tinggi di Nanjing, Tiongkok. Foto: Neni/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Program Kuliah Gratis (PKG) digeber Pemprov Sumsel sejak 2015 telah membuahkan hasil. Dari sekitar 2.000-an mahasiswa per tahun, kemarin (5/7) sebanyak 30 mahasiswa angkatan kedua pulang kampung usai menyelesaikan studinya di Nanjing Polytechnic Institute dan Wuxi Institute of Technology.
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel Drs Widodo MPd didampingi Kabid SMK Dra Erlina MSi mengatakan, dirinya sangat bangga dengan 30 mahasiswa yang telah usai menyelsaikan kuliahnya. “Dari 30 mahasiswa ini, sudah ada yang berencana melanjutkan studi S1 dengan biaya sendiri, setelah sempat mengumpulkan uang selama kuliah D3 lanjut kuliah,” terangnya, kemarin.
Capaian prestasi dari penerima PKG,sebut Widodo, membuktikan semangat dan kualitas anak-anak Sumsel sangat diperhitungan. Karena itu, PKG akan terus bergulir demi mencetak generasi Sumsel mampu bersaing dan sejajar dengan negara-negara lain. “Usai mengenyam pendidikan tinggi dari program PKG ini, anak-anak Sumsel tetap bisa berkontribusi positif untuk kemajuan Sumsel dan masing-masing daerah,” ucapnya
Ketua Koordinator Penerima PKG Sumsel Angkatan Kedua, Metri Anjasuma di sela audiensi mengatakan, dirinya bersama teman-temannya sangat berterima kasih dengan Pemprov Sumsel yang telah memberikan kesempatan bagi dirinya dan remaja Sumsel lainnya untuk mengenyam pendidikan tinggi di dalam dan luar negeri.
“Alhamdulillah, saat ini kami sudah selesai menjalankan pendidikan tinggi dari program kuliah gratis Pemprov Sumsel melalui Dinas Pendidikan. Insya Allah sangat bermanfaat,” tandasnya.
Menurutnya, selama berkuliah di Nanjing Polytechnic Institute dan Wuxi Institute of Technology, beberapa penerima PKG meraih banyak prestasi. Termasuk menjadi lulusan terbaik. “Support penuh dari Pemprov Sumsel selama berkuliah sangat memotivasi kami untuk terus mengejar prestasi dan mengharumkan nama Sumsel,” pungkasnya. (nni)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!