400 Perenang Ikuti FAI

Festival Akuatik Indonesia.

JAKARTA – Sebanyak 400 perenang dari 21 Pengurus Provinsi meramaikan Kejuaraan Nasional bertajuk Festival Akuatik Indonesia (FAI) 2018 di Jawa Timur pada 16-19 April. FAI ke-2 ini akan memperlombakan empat cabang olahraga yakni renang 16-19 April di Kolam Renang KONI Jatim Surabaya, renang artistik 16-18 April di Kolam Renang Sendang Delta Sidoarjo.

Kemudian event bentukan Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau PB PRSI ini gelar kejuaraan loncat indah 18-21 April di Kolam Renang Graha Resident Surabaya dan polo air 19-22 April di Kolam Renang Sendang Delta Sidoarjo.

“FAI merupakan kejuaraan bergengsi antar provinsi Dan FAI pertama tahun lalu berlangsung sukses di Palembang, Sumsel. Di FAI kedua ini selain kelompok umur, ini merupakan ini uji coba dalam negeri para atlet nasional yang akan bertanding sebelum terjun di Asian Games 2018. Saat ini mereka dalam masa persiapan sebelum menuju puncaknya di Asian Games,” terang Ketua Umum PB PRSI Anindya N Bakrie sebagaimana rilis yang dikirim PB PRSI.

Untuk cabang olahraga renang, seluruh perenang pelatnas Asian Games dipastikan hadir. Termasuk para perenang yang saat ini tengah berlatih di Australia seperti Siman Sudartawa, Indra Gunawan, Triady Fauzi, Fadlan Prawira, Ricky Anggawijaya dan Patricia Yosita serta Ressa Kania Dewi. Begitu juga para perenang pelatnas di Bali akan langsung ke Surabaya seperti Adinda Larasati Dewi, Azzahra Permatahani, Nurul Fajar, AA Istria Kania Ratih, Vanessae Evato dan lainnya.

Baca Juga :  Ini Penyebab Human Trafficking Terjadi

Di ajang ini juga diperlombakan olahraga polo air yang diikuti atlet berusia 20 tahun ke bawah. Untuk polo putra akan diikuti enam daerah yakni DIY, Sumsel, DKI Jakarta, Jatim, Jabar, Sumut. Kemudian polo air putri, diikuti lima daerah yakni DIY, Sumsel, DKI, Jatim dan Jabar. Untuk polo putri para atlet pelatnas Asian Games yang masih berusia di bawah 20 tahun bisa membela daerahnya masing-masing. Seperti Jabar yang diperkuat Dinda Asmaranda, Hanna Firdaus, Nyoman Ayu dan Annisa Rachmawati serta tim DKI Jakarta yang diperkuat Desthia Ramadhina dan Glindra Patricia.

Rencananya cabang polo air juga akan menggelar coaching clinic oleh pelatih tim nasional awal Serbia, Zoran Kontic. Adapun olahraga renang indah akan diikuti 28 atlet dari empat daerah yakni DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat dan Jogjakarta.

Adapun olahraga loncat indah akan diikuti 90 atlet terdiri dari 50 putra dan 40 putri berasal dari Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Jawa Timur. Serta satu tim dari Malaysia, Selangor yang mengirim 10 atlet terdiri dari 4 putra dan 6 putri.

Beberapa atlet pelatnas juga akan membela daerahnya masing-masing seperti Aldinsyah dan Della Dinarsari (Jatim), Linadini Yasmin dan Maria Natalie (DKI), Eka Purnama Indah (Kalsel), Dewi Setyaningsih (Jateng). Menariknya, untuk kali pertama Cabang loncat indah juga berencana menggelar FINA Diving Certification School for Judges 20-22 April yang akan menjadi narasumber dari Technical Diving Committe FINA adalah Eric Brooker (Australia) dan Mathz Lindberg (Swedia). (kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!