Sudah Ketemuan, Nihil Kesepakatan

 

PALEMBANG – Menunggu dalam ketidakpastian membuat sejumlah agen dan jemaah Abu Tours hilang kesabaran. Rencananya, hari ini (12/2), mereka akan mendatangi kantor travel umrah yang ada di Jl Inspektur Marzuki itu.

Tuntutan para agen dan jemaah itu, meminta uang biaya umrah yang telah mereka setor dikembalikan (refund). Informasi akan adanya aksi itu diungkap Edi, salah seorang agen.

“Besok (hari ini) kami sudah janjian dengan agen dan jemaah lain. Aksi ke kantor Abu Tours,” katanya. Edi mengaku telah bertemu dengan Manajer Operasional Distrik Wilayah Barat, Wajidi.  .

Hanya saja, dalam pertemuan itu tidak ada keputusan. “Sudah ketemu orang Abu Tour di Jakarta, namun tidak ada keputusan,” tuturnya.

Kata Edi, gejolak jemaah ini tak hanya di Palembang. Di Jakarta juga sudah heboh. “Seluruh Indonesia sama,” tambahnya. Tuntutan pengembalian biaya umrah merupakan aksi final atas ketidakpercayaan terhadap penyelenggara travel umrah tersebut.

“Tidak mungkin setiap jemaah diminta tambahan Rp15 juta. Rasanya tak masuk akal lagi,” cetus Edi. Sebelumnya, Edi mengungkapkan ada 30 jemaah yang telah ia daftarkan umrah di Abu Tours.

Pantauan koran ini di kantor Abu Tours and Travel Cabang Palembang kemarin, nyaris tak ada beda dengan dua hari lalu. Rolling door merah masih tergembok. Bahkan, salah satu gagangnya dililit rantai.

Baca Juga :  Sita Bawang, Tapioka Illegal

Namun, ada pengumuman baru yang bertuliskan “Hari Operasional Kantor Abu Tours Cabang Palembang, Senin-Sabtu, Pukul 08.00 WIB s/d 17.00 WIB. Minggu Libur”. Dua lembar pengumuman itu tertempel di kaca pos jaga dan selembar di dinding samping rolling door.

Tapi tak ada seorang pun jemaah yang terlihat mendatangi kantor di kawasan Pakjo itu seperti hari-hari sebelumnya. “Tadi sempat ada yang datang. Namun pergi lagi karena dilihatnya ada pengumuman libur hari Minggu,” ujar warga sekitar kantor itu.

Dia sendiri baru tahu adanya pengumuman itu. “Sepertinya baru dipasang,” katanya. Sementara, jajaran Polsek Ilir Barat (IB) 1 tetap siaga. Kapolsek IB 1, Kompol Masnoni, menegaskan, personelnya akan terus patroli dan memantaui kondisi kantor Abu Tours and Travel di Jl Inspektur Marzuki tersebut.

“Bhabinkamtimas juga tetap siaga,” ujarnya.

Masnoni memastikan, belum ada jemaah yang melapor ke Polsek IB I. “Kalau ada yang mau melapor, akan kami arahkan ke Polresta Palembang,” jelasnya.

Hari ini, posko korban Abu Tours di Kanwil Kemenag Sumsel kembali buka. Karena kemarin tutup, untuk jumlah korban yang mengadu masih 24 orang. “Untuk sementara belum bertambah,” kata Kasubag Humas Kanwil Kemenag Sumsel, H Saefudin Latief. (cj10/vis/ce1)

Baca Juga :  Penjual Es Krim Keliling Dibunuh

 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!