8 Hektar Lahan Gambut Desa Mulya Abadi Terbakar

TERBAKAR: Lahan gambut 8 ha yang terbakar di esa Mulya Abadi Kecamatan Muara Belida, Muara Enim, Senin (7/8). Foto: Anhar/Sumatera Ekspres

MUARA ENIM– Lahan kosong jenis gambut seluas 8 hektar di Desa Mulya Abadi
Kecamatan Muara Belida, Muara Enim, terbakar. Peristiwa ini diketahui oleh warga setempat yang melihat kepulan asap saat melintas di wilayah tersebut. Atas laporan warga, Polsek Gelumbang dan Babinsa bersama Tim Karhutla langsung meluncur ke TKP, pada Senin sore (7/8) pukul 15.30 WIB. Setelah mengerahkan dua unit mesin pompa air, barulah pada pukul 17.30 WIB api bisa dipadamkan.

Kapolsek Gelumbang AKP Indrowono mengatakan, setelah mendapat informasi tersebut, pihaknya bersama tim Karhutla langsung mengecek titik api di lahan terbakar. “Benar adanya lahan gambut yang terbakar. Namun titik api di Desa Mulya Abadi tersebut belum terpantau oleh satelit Lapan,”ujar Indrowono.

Pihaknya pun melidik pemilik lahan yang terbakar tersebut. Setelah dilakukan pengecekan, dari 8 hektar luas lahan terbakar, 4 hektar milik dua warga yakni Johar dan Budi yang masih dalam kasus sengketa. Sedangkan 4 hektar lagi adalah lahan milik desa.

“Kita berkoordinasi dengan Kades, pihak kecamatan dan pihak terkait untuk memanggil pemilik lahan. Setelah kita lidik ternyata Johar saat ini menjadi tahanan di Lapas Lahat, sementara Budi belum kita ketahui keberadaannya,”ujar Indrowono. (roz)

Baca selengkapnya di Harian Sumatera Ekspres Rabu (9/8). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!