90 Persen Anggaran untuk Gaji

Prof Dr H Slamet Widodo MS MM. Foto: Kris Samiaji/Sumeks

PTS Harus Punya Unit Penjaminan Mutu

PALEMBANG – Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis ) Wilayah II sudah menganggarkan Rp124 miliar untuk perguruan tinggi swasta (PTS) di lingkungan Kopertis Wilayah II. Dana tersebut berasal dari daftar isian pelaksana anggaran (DIPA), yang akan didistribusikan di empat wilayah, yakni Sumsel, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung (Babel)

Prof Dr H Slamet Widodo MS MM, ketua Kopertis Wilayah II mengatakan, terhitung Januari 2018, anggaran tersebut akan diberikan kepada PTS yang ada di Kopertis Wilayah II. Namun, 90 persen anggaran tersebut untuk gaji dosen dan karyawan PTS. “Sisanya, 10 persen untuk kegiatan lain empat provinsi yang ada di bawah naungan Kopertis Wilayah II,” ujar Ketua Kopertis Wilayah II, Prof Dr H Slamet Widodo MS MM, kemarin (7/1).

Dikatakan, ada 10.264 dosen di lingkungan Kopertis Wilayah II, terdiri dari dosen PNS, dosen tetap yayasan, dan dosen tidak tetap yayasan. Pada 2018, Widodo mengaku, pihaknya telah menyiapkan serangkaian program untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi swasta (PTS) di lingkungan Kopertis. “Tidak hanya dari lembaga, tapi seluruh unsur, termasuk sumber daya manusia (dosen dan output lulusan),” lanjutnya.

Selain hal tersebut, sambungnya, pihaknya juga akan melakukan pendampingan pada PTS-PTS untuk peningkatan akreditasi. Bahkan, dirinya juga menegaskan, setiap PTS harus punya unit penjaminan mutu yang akan dimonitoring secara menerus dalam melayani stakeholder PTS.

Baca Juga :  Ini Pesan Dewan Pers untuk Perusahaan Media

“Tak hanya itu, juga akan dilakukan pendampingan bagi PTS yang ingin meningkatkan kualitas dosen. Bahkan, kita juga telah memagangkan beberapa dosen ke perguruan tinggi negeri (PTN) pembina di Jawa lewat dana hiba asuh sebanyak 30 dosen,” tandasnya. (nni/nan/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!