ACT Galang Dana Palestina

Syekh Ali Jaber juga bertausiah soal perjuangan dan kebangkitan umat, di Masjid Al-Maghfiroh tadi malam (17/1). Foto: Kris Samiaji/Sumeks

PALEMBANG – Suasana khusyuk mengiringi zikir dan tablig akbar Palembang Darussalam di Kampung Arab Al Munawwar, tadi malam (17/1). Ribuan warga yang hadir, hanyut dalam lantunan ayat suci dan zikir. Tak hanya Wali Kota Harnojoyo, sejumlah unsur muspida juga hadir di kegiatan tersebut. Termasuk Dandim 0418 Letkol Inf Romas dan Kapolresta Kombes pol Wahyu Bintono HB.

“Mari kita semua memakmurkan masjid. Melakukan hal yang baik bersama-sama demi terwujudnya Palembang Darussalam,” ajak wali kota dalam sambutannya.
Komitmen dan konsistensi Harnojoyo memakmurkan masjid menjadi salah satu yang diapresiasi para peserta tablig akbar. Ia juga dipuji Ustaz Al Habsyi, pedakwah asli Palembang.

Dalam ceramahnya, Ustaz Al Habsy mengingatkan warga Palembang terus menerus berbuat kebaikan. Menunjukkan kekompakan dan sinergitas seperti yang terlihat dalam berbagai kegiatan TNI-Polri. “Umat muslim harus berlomba melakukan kebaikan. Menyambut baik apa yang telah dilakukan pemimpin kita dan terus tingkatkan ibadah,” ajaknya.

Dipilihnya Kampung Al Munawwar bukan tanpa sebab. Secara historis, dalam garis sejarah Palembang ada tiga unsur budaya dikenal erat. Budaya Cina, Melayu, dan Arab yang hidup berdampingan dengan rukun. Kampung Arab Al Munawwar belakangan menjadi ikon, serta destinasi wisata.

Seperti diungkap Abdurrachman bin Muhammad bin Al Munnawar, Ketua RT 24 yang juga keturunan langsung pendiri kampung. “Warga kampung siap sukseskan berbagai kegiatan di Palembang dan Sumsel. Terutama mendukung kembalinya kejayaan Palembang Darussalam,” terangnya.

Di lain tempat, ACT kerja sama dengan Majelis Asatidz Pecinta Umat Rasulullah (Maspuroh) dan Yayasan Syekh Ali Jaber gelar penggalangan donasi sekaligus tablig akbar bersama Syekh Ali Jaber di Masjid Al Maghfiroh, tadi malam (17/1).

“Ini bagian dari rangkaian acara kita, Gerakan Solidaritas Kemanusiaan Sumsel untuk Palestina,” ujar Branch Manager ACT Palembang Ardiansyah. Ada penggalangan donasi langsung dan ditarget bisa himpun Rp1 miliar di acara tersebut. Acara ini sendiri diproyeksi hadir 2 ribu orang.

“Kita mau kirim 10 ribu ton beras ke Palestina pada 21 Februari 2018. Khusus Sumsel targetnya seribu ton beras. Pengiriman lewat Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya,” jelasnya. (kos/fad/ce4)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!