Ada-ada Saja, Israel Larang Tahanan Hamas Nonton Piala Dunia

Foto militan Hamas Palestina. Foto: REUTERS / Mohammed Salem

Menteri Keamanan Publik Israel Gilad Erdan, mengumumkan bahwa dia ingin mencegah narapidana Palestina yang menjadi anggota Hamas untuk menonton kejuaraan sepak bola yang akan datang. “Saya tidak berniat membiarkan anggota Hamas yang ditahan di penjara kami menikmati pertandingan Piala Dunia. Sementara ada sandera Israel dan tentara di Jalur Gaza,” kata Erdan dikutip dari situs berita YNet.

Pejabat itu menyatakan dia telah meminta Dinas Penjara Israel untuk memberikan tekanan pada anggota Hamas yang dipenjarakan. Meskipun aturan penjara yang ada memungkinkan tahanan untuk menonton TV, Erdan mengatakan bahwa dia telah meluncurkan penyelidikan apakah norma dapat diubah selama Piala Dunia, yang akan diadakan di Rusia dari 14 Juni hingga 15 Juli 2018, dikutip dari laman Sputnik, Selasa (29/5).

Menurut menteri, tahanan yang mendukung terorisme tidak dapat mengambil manfaat dari kompetisi olahraga yang menyatukan kebersamaan. Situasi di Jalur Gaza telah tegang selama beberapa dekade. Namun, konflik antara Israel dan Palestina baru-baru ini berkobar di tengah protes massal yang meletus di Jalur Gaza pada peringatan 70 tahun pendirian Israel dan setelah pembukaan Kedutaan Besar AS di Yerusalem.

Israel memandang Hamas sebagai kelompok teroris dan menyalahkan gerakan itu karena menghasut kekerasan di wilayah perbatasan Gaza. Serta menggunakan protes untuk melakukan serangan terhadap militer Israel. (YNet/int)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!