Air Hangat Picu Kulit Kering dan Iritasi

AGAR kebersihan kulit wajah tetap terjaga, memang disarankan untuk rutin mencuci muka dengan sabun wajah. Setidaknya tiga kali sehari atau sesuai aktivitas. Lalu bolehkan mencuci muka menggunakan air hangat?Bagaimana efeknya bagi kesehatan kuliT?
Dr Indah Permata Sari SpKK mengatakan, mencuci muka dengan air hangat tidak ada efek buruk. Hanya saja, air yang digunakan jangan terlalu panas, karena air yang terlalu panas mudah membuat kulit wajah kering dan teriritasi.
Kondisi kulit yang kering dan teriritasi, lanjutnya, bisa memicu wajah berminyak berlebihan di daerah tersebut. Seperti diketahui, kondisi kulit berminyak berlebih bisa saja memicu timbulnya jerawat.
“Nah, jika ingin membersihkan wajah setelah terpapar sinar matahari karena berada di luar ruangan, sebaiknya tunggu dulu selama 10 menit sebelum mencuci wajah,” katanya.
Hal ini bertujuan agar kulit bisa beradaptasi sehingga tidak stres. Sebab, sesudah terkena sinar matahari, kulit agak meradang karena panas dan dalam keadaan kulit meradang jika langsung dibasuh air terutama air dingin dapat menyebabkan kulit “stress”.
Untuk menjaga kesehatan kulit terutama wajah, setidaknya ada dua cara mudah yang bisa dilakukan. Pertama, minum banyak air putih untuk memperlancar peredaran darah. Hidrasi yang memadai baik bagi kesehatan secara umum, ditambah dengan makan dan minum yang benar maka tubuh akan makin sehat, begitu juga dengan kulit.
“Lalu cukupi tidur malam setidaknya 7-8 jam setiap hari. Studi menemukan bahwa kulit orang-orang yang kurang tidur juga tampak mengalami dehidrasi dan butuh waktu lebih lama untuk pulih dari sunburn,” pungkasnya. (qiw/via)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!