Air PDAM ”Muncrat” ke Jalan

PRABUMULIH – Air di jaringan PDAM di Jalan Padat Karya, Kelurahan Gunung Ibu, Kecamatan Prabumulih Timur, muncrat. Air ini mengalir membasahi kawasan sekitar jaringan. ‘Tak tahu kenapa airnya keluar terus seharian kemarin. Baru-baru ini, saya lihat sudah mati,” ujar Ahmad, warga sekitar, kemarin (20/2).

Dirinya pun mengaku, sejak Senin pagi, air terus keluar dan membanjiri sekitarnya. “Padahal sayang sekali, airnya bersih, tapi terbuang sia-sia,” keluhnya.

Sementara itu, Dirut (Direktur Umum) PDAM Tirta Prabujaya, Iskandar, mengaku air PDAM yang keluar tersebut merupakan jaringan valve PDAM. “Bukan bocor, melainkan airnya keluar untuk buang angin,” kilahnya, kemarin.

Dikatakan, pembuangan angin bisa mencegah pipa bocor. Banyaknya air yang muncrat tersebut tak membuat PDAM merugi. “Tidak rugi, di sana (Padat Karya, red) juga baru sedikit warga yang pakai PDAM. Hari ini (kemarin) juga sudah mati karena juga kebetulan mati lampu,” imbuhnya.

Kabag Teknik, Fajar C Ardhana ST menambahkan, hal itu bukan kebocoran, melainkan salah satu upaya mengatasi pipa tak pecah. “Valve sengaja dibuka untuk membuang angin sehingga menghindari tekanan yang bisa membuat pipa pecah,” imbuhnya.

Dikatakan, sejumlah titik yang rentan pecah pipa biasanya di kawasan rendah. Kendati demikian, dirinya tak menampik sering menerima laporan dari masyarakat. “Hampir setiap hari banyak laporan, apakah itu laporan pipa pecah, SR-nya tidak hidup, SR-nya pecah, dan itu kita tindak lanjuti langsung ke lapangan,” tukasnya. (chy/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!