Air Sungai Musi Diberikan Kepada Pegowes GPN

Wawako Palembang Fitrianti Agustinda (tiga dari kiri). foto: istimewa

PALEMBANG – Ada yang spesial dalam penunjukan Palembang menjadi salah satu kota penyelenggara Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017. Gowes di Kota Pempek itu tidak
hanya sukses kan program Ayo Olahraga Kemenpora melainkan juga ajang sosialisasi Asian Games 2018. Ini karena Palembang telah didaulat menjadi pendamping Jakarta dalam penyelenggaraan Asian Games tahun depan.

“Lewat Gowes Pesona Nusantara di Palembang, Kemenpora bukan hanya mengkampanyekan Ayo Olahraga tetapi juga mensosialisasikan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Jadi, Kemenpora berharap masyarakat Palembang memberikan dukungan penuh untuk kesuksesan pelaksanaan Asian Games 2018,” kata Plt Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Jonni Mardizal yang mewakili Menpora Imam Nahrawi usai melepas 1.200 peserta Gowes Pesona Nusantara di Lapangan Patra Jaya Palembang, Minggu (24/7).

Wali Kota Palembang, Harnojoyo pun menyematkan nama spesial di GPN Palembang. “Ya, kami memang sengaja memberikan nama Etape IV GPN ini sebagai Etape Emas (Elok,
Madani, Aman dan Sejahtera). Dan, kami juga siap mensukseskan pelaksanaan Asian Games 2018 dan menjaga baik nama Palembang di mata dunia,” kata Harnojoyo.

“Terus terang, berkat adanya Asian Games 2018, pembangunan di Palembang cukup pesat dan kini Palembang telah tercatat menjadi satu-satunya daerah yang memiliki kereta
ringan atau light rail transit (LRT),” tambahnya.

Baca Juga :  Yuk Ikut Lomba Serapungan

Pada etape keempat, Harnojoyo yang didampingi Kadispora Kota Palembang Heri Aprian menyerahkan tanah dari Bukit Siguntang dan air dari Sungai Musi. Tanah dan air itu akan disatukan dengan tanah dan air yang diambil dari 90 kabupaten/kota tempat pelaksanaan GPN untuk pembangunan Tugu di Gunung Tidar, Magelang, Jawa Timur.

“Kami sengaja menyerahkan air Sungai Musi dan tanah dari Bukit Siguntang karena memiliki sejarah dan bertuah. Sungai Musi itu sebagai simbol kejayaan Kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim yang menguasai separuh dunia termasuk negara-negara di Afrika. Sedangkan Bukit Siguntang adalah tempat ditemukannya prasasti Kerajaan Sriwijaya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Sumsel, Sudirman Teguh.

“Mudah-mudahan kejayaan Kerajaan Sriwijaya itu bisa terjadi pada saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 nanti. Bukan hanya sukses dalam pelaksanaan, tetapi kita juga sukses meraih prestasi dan meningkatkan ekonomi kerakyatan sesuai dengan keinginan Presiden Jokowi,” timpal Jonni Mardizal.

Lebih jauh Jonni menjelaskan sampai saat tim Inti Gowes Touring Pesona Nusantara yang mengambil start dari titik km 0 Sabang provinsi Aceh telah menempuh jarak 3.100 km dengan 4 etape utama yang berakhir di kota Palembang. Tim inti Touring berjumlah 15 atlet yang terdiri 8 perempuan dan 7 laki laki dengan peserta tertua 62 tahun Fani Gunawan dari Semarang Jawa Tengah dan termuda Gita Widya Yunika (16 tahun) dari Sidoarjo, Jawa Timur.(kmd)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!