Akhiri Periode Buruk

Yanto Basna

PALEMBANG – Sriwijaya FC ingin segera akhiri periode buruk. Melawan PS TNI di Stadion Gelora Sriwijaya, malam ini (live TVOne, pukul 18.30 WIB), tim berjuluk Laskar Wong Kito dituntut menang.
Dengan tiga poin bisa memangkas gap dari zona papan bawah. Saat ini pasukan Hartono Ruslan tercecer di posisi 15 klasemen sementara Liga 1 2017 dengan koleksi 14 poin. Selisih satu strip dari Semen Padang yang berada di atasnya.
Namun Alberto Goncalves dan kawan-kawan, masih mengantongi modal lantaran baru memainkan 12 partai. Selisih dua partai dari Semen Padang yang sudah melakoni 14 pertandingan. “Ini kandang kita, jadi bisa dibilang wajib utuk kita menang. Kita juga harus segera perbaiki posisi klasemen, di pertandingan lawan PS TNI ini,” tutur Head Coach Sriwijaya FC, Hartono Ruslan, usai uji coba lapangan, kemarin.
Harapan skuat Jakabaring untuk mendulang poin memang cukup besar. Apalagi jika dilihat catatan tiga pertandingan musim lalu. Sriwijaya selalu bisa melumpuhkan PS TNI, bahkan dua pertandingan di antaranya Sriwijaya bisa dibilang berpesta.
Sriwijaya menang 2-1 atas PS TNI (20/3/2016) lalu menang 6-1 (06/8/2016), dan menang 5-2 (15/12/2016). Meski punya modal kuat dari catatan rekor, bukan berarti bisa lengah.
Terlebih di bawah besutan Ivan Kolev, PS TNI menunjukan progres bagus. Menang 1-0 lawan Perseru Serui (18/6), berhasil menahan imbang Arema FC 0-0 (3/7), terakhir kalah dari Bali united 3-4 (10/7). “Mereka tim bagus. Mereka punya, speed and power, dan fighting spirit tinggi. Itu yang menonjol saya lihat dari PS TNI,” ungkap mantan asisten pelatih Sriwijaya FC ini.
“Untuk mengantisipasi itu, saya sudah memberikan latihan taktik, bagaimana melawan PS TNI, saat menyerang atau bertahan. Mudah-mudahan pemain semua, bisa menjalankan taktik yang sudah diberikan di lapangan, mudah-mudahan bisa menang,” tambahnya.
Terkait permainan keras dan kasar The Army, julukan PS TNI menurut pelatih asal Solo, Jawa Tengah ini anak asuhnya harus punya mental kuat. Tetap tenang, tetap fight, kalu satu lawan satu juga harus berani, dan jangan terpancing permainan lawan.
“PS TNI punya kombinasi bermain cepat dari seriap lini, tengah dan samping. Tetapi memang ada satu pemain asing di posisi kiri (Nunez) punya pergerakan yang lebih. Jadi untuk pemain ini harus kita atisipasi,” turur Hartono.
Sementara itu Ichsan Kurniawan gelandang Sriwijaya FC, menambahkan sejauh ini Sriwijaya FC dalam kondisi siap tempur. Persiapan sudah sangat baik, dari Coach Hartono. Jadi pada pertandingan harus ngotot untuk menang.
“Pesan untuk suporter, berharap suporter tetap setia mendukung besok (hari ini, red). Hasil kemarin tidak kita harapkan, berharap bisa dukung lagi sampai pertadingan berakhir. Jadi kita harap besok suporter bisa ramai untuk dukung kami di lapangan,” ungkapnya.
Sementara itu, Ivan Kolev pelatih PS TNI mengatakan telah melakukan persiapan menghadapi mantan klubnya. “Persiapan biasa, untuk periode kita ada paling penting, kita bikin pemulihan bagus setelah kita melawan Bali United. Karena kita main hari senin, tiga hari pemulihan. Kita harus pada kondisi yang paling terbaik,” ungkapnya.
Terkait track record PS TNI yang sedikit buruk musim lalu untuk lawan Sriwijaya FC, bagi pelatih Burgaria ini hal biasa di sepakbola. “Itu sepakbola, bisa terjadi semua. Seperti lawan Bali kemarin, babak pertama kita bisa bagus bisa cetak dua gol, sampai babak kedua kita bisa berbalik. Jadi, itulah sepakbola. Semua bisa terjadi,” ungkapnya.
“Apalagi kita sedang bangun tim, pada saat ini kita terus cari-cari muka kita paling bagus. Jadi memang ada belum begitu konsisten dalam permainan kita,” tambahnya.
Mengenai klasemen, Sriwijaya FC di bawah PS TNI? “Saya tidak ingin komentar. Tetapi saya tahu Sriwijaya FC, dari dulu tim ini cukup serius. Cukup bagus, tim ini punya pengurus bagus, tentu mereka juga pingin berikan yang terbaik untuk laga besok,” jelasnya.
Stoper PS TNI, Ganjar Mukti, mengatakan, timnya tidak gentar dengan nama besar Sriwijaya FC. Jadi, dia pun berharap timnya bisa menjalankan terget untuk setidaknya mencuri poin di laga nanti.
“Pemain diwaspadai, semuanya. Mereka punya pemain kualitas bagus, cadangan dan inti tidak jauh beda. Karena itu, khususnya untuk PS TNI fokus untuk pertandingan saja. Tidak lihat satu posisi saja,” tukasnya. (cj11/ion/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!