Alex Senang Perpres AG Ditandatangani

Alex Noerdin. Foto: Kris Samiadji/Sumeks

JAKARTA – Pemerintah terus mematangkan event Asian Games (AG) di Jakarta dan Palembang 2018 mendatang. Untuk memuluskan pelaksanaannya, Presiden RI Joko Widodo secara resmi mengeluarkan peraturan presiden (perpres) penyelenggaran AG.

Nah, pada rapat terbatas (ratas) di di Kantor Presiden, kemarin (18/4), Presiden menginformasikan langsung bahwa perpres tersebut sudah diundangkan per 18 April 2017. “Saya ingatkan hari ini (kemarin, red) saya sudah tandatangani perpres lalu diundangkan,” ujar Jokowi.

Pada ratas itu, hadir Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dakiri. Lalu Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, dan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar.

Selain menerbitkan perpres, Jokowi membahas perkembangan persiapan AG 2018 di Jakarta dan Palembang. Dia meminta laporan Wapres, para menteri, dan gubernur. Dibahas juga rencana mengurangi jumlah cabor yang dipertandingkan. Semula diusulkan 42, tapi akan dikurangi jadi 36, 37, 38, atau 39 cabor.

“Saya berharap Asian Games bisa memberi manfaat sebesar-besarnya untuk kepentingan bangsa,” ujarnya. Tapi, kata dia, jangan hanya berpikir infrastruktur yang dibangun semata untuk AG 2018, tapi untuk kemajuan negara di masa depan, khususnya bidang olahraga.

Baca Juga :  Asian Games Ajang Promosi Wisata

“Baik itu venues pertandingan, wisma atlet, transportasi, dan lainnya. Makanya saya meminta dikerjakan sebaik-baiknya,” cetusnya. Sehingga dia menginginkan AG bisa berlangsung optimal. “Asian Games tinggal hitungan hari lagi (488 hari). Untuk itu semua venues harus dipantau secara rinci, dicek dan cek lagi, apakah ada hambatan atau kendala di lapangan,” tegasnya. Seyogianya, kata Jokowi, Asian Games bisa diintegrasikan dengan promosi kunjungan destinasi wisata sehingga Indonesia bisa jadi magnet yang menarik perhatian dunia.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin pun merasa senang Presiden RI telah menandatangani perpres penyelengagran AG 2018. “Tentu ini akan memberi dampak positif bagi persiapan dan pelaksanaannya nanti, khususnya di Palembang Provinsi Sumsel,” terangnya. Karena perpres ini yang akan jadi payung hukumnya dan itu diperlukan. Tapi, Alex mengaku belum tahu persis isi perpres tersebut karena belum mendapat salinan.

Alex menuturkan, untuk venues AG yang sedang renovasi atau dibangun, ditarget selesai Desember 2017. Untuk cabang olahraga (cabor), kata Alex, di Palembang tidak berubah, tetap 11 cabor. “Meskipun ada pengurangan (secara total),” tambahnya.

Menpora, Imam Nahrowi menjelaskan, perpres mengatur pengadaan dan penguatan Inasgoc menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Dengan begitu, Inasgoc bisa mengelola uang secara fleksibel. “APBN dikelola denga mekanisme keuangan APBN, yang sponsor mekanisme sponsor, sehingga tidak masuk pendapatan non-pajak,” ujarnya. Ke depan olahraga harus dikelola seperti itu. Sebab tanpa BLU, seluruh pemasukan harus masuk kas negara dulu. Diproses menteri keuangan baru bisa keluar. (ran/fad/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!