Aliya Rajasa Pulang Kampung

SETELAH melewatkan Lebaran bersama keluarga besar Ibas di Jakarta, Aliya Rajasa dan Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas menuju ke Palembang, tempat kampung kelahiran Aliya Rajasa Selain ke Palembang, keduanya juga menyempatkan diri ke kampung halaman orang tua Aliya Rajasa yakni Desa Jejawi, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan. Hal itu, diketahui lewat Instagram pribadi Aliya.

Ia memperlihatkan keseruan perjalanan mudiknya bersama keluarga ke Palembang. Perempuan cantik ini memamerkan kediaman sang nenek yang masih bergaya tradisional rumah panggung.
“Selamat datang di rumah panggung kami.. rumah ini adalah rumah nenek saya ibunda @mhattarajasa yg letaknya di Desa Jejawi OKI – 1,5jam dari kota Palembang,” ceritanya.
Seperti rumah adat lainnya, sebagian besar bangunan rumah nenek Aliya Rajasa tersebut dibuat dari kayu. Rumah adat Palembang dengan bentuk seperti ini biasa disebut Rumah Limas.

“Biasa disebut rumah Limas (Rumah Adat Palembang disebut Limas karena atapnya yg berbentuk limasan) dan bahan utama rumah ini adalah kayu,. Kalau kita jalan ada bunyi khas kayu berderit,” papar menantu mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini.
Tidak hanya bagian luar, desain interior rumah nenek Aliya Rajasa itu juga masih kental budaya Sumatera Selatan. Aliya dan Ibas bahkan ikut menerapkannya untuk kediaman mereka di Jakarta.

“Dekorasi dalamnya juga masih sangat kental akan kebudayaan Palembang.. Dan sampai sekarangpun masih kubawa ornamen dekorasi itu ke rumah kediaman kami.. because it warms my heart,” curhat ibu 3 anak ini. (jpg/jpnn/na)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!