Aniaya Warga, Tiga Terdakwa Dituntut Berbeda

TUNTUTAN: Ketiga terdakwa saat mendengarkan tuntutan JPU di PN Palembang, Rabu (3/1). Foto: Adi/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Setelah beberapa kali persidangan sempat tertunda karena salahsatu terdakwa melahirkan dan adanya libur natal dan tahun baru, hari ini (3/1) persidangan yang beragendakan pembacaan tuntutan terhadap ketiga terdakwa yakni Raden Chairil Hidayat (33/terdakwa I), Raden Abdul Rahmat (64/terdakwa II) dam Depi Yani (28/terdakwa III) kembali berlanjut.

Dalam surat tuntutannya yang dibacakan di persidangan yang terbuka untuk umum tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Faisal Thahir SH menuntut ketiganya secara berbeda. Dimana untuk terdakwa I, dituntut selama 2 tahun. Sedangkan terdakwa II dan terdakwa III dituntut dengan pidana penjara masing-masing 1,5 tahun.

“ Ketiganya terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penganiayaan sebagaimana yang diatur dalam pasal 170 ayat 2 ke 1 KUHP,” kata Faisal Thahir SH usai membacakan tuntutan di PN Palembang, Rabu (3/1) siang.

Dijelaskannya, adanya perbedaan dari para terdakwa ini dari unsur yang meringankan dan juga unsur yang meringankan. Dimana untuk terdakwa II dikarenakan sudah berusia lanjut dan terdakwa III baru saja melahirkan dan memiliki anak kecil yang perlu perhatian dan kasih sayangnya.

“ Ancaman hukuman untuk pasal ini cukup tinggi yakni 7 tahun, jadi sebelum itu kita kaji dengan unsur yang meringankan dan memberatkan,” bebernya. (afi)

Baca selengkapnya di Harian Sumatera Ekspres Kamis (4/1). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!