Aplikasi Remunerasi UIN RF Diretas

Kepala Unit IT dan Pangkalan Data UIN Raden Fatah Fahruddin SKom di SPK Polda Sumsel. Foto: Welly/Sumeks

Dana 370 Pegawai dan Dosen Tak Cair

PALEMBANG – Aplikasi Remunerasi Pegawai dan Dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang diretas. Ulah para hacker tersebut membuat kaget Kepala Unit IT dan Pangkalan Data UIN Raden Fatah Fahruddin SKom, yang langsung mendatangi Sentral Pelayanan Kepolisian (SPK) Polda Sumsel, Selasa kemarin (13/6).

Diceritakan Fahruddin, aplikasi e-lkp (e-remunerasi.radenfatah.ac.id) aplikasi ini dibuat sejak April 2017 lalu. Aplikasi tersebut digunakan untuk menghitung kinerja dosen dan pegawai UIN Raden Fatah. Namun, 5 Juni lalu, saat beberapa pegawai dan dosen hendak mengakses aplikasi ini tidak bisa.

Setelah dicek oleh admin ternyata, muncul pesan yang tertulis “want to back your database? send 0.1 BTC to this Andress”. “Setiap kali dibuka selalu muncul tulisan seperti itu sehingga tak bisa diakses,” katanya saat di temui di SPK Terpadu Polda Sumsel.

Dikatakannya, aplikasi ini baru dua bulan digunakan. Pembuatan aplikasi ini bekerja sama dengan UIN Syarif Hidayatullah di Jakarta. Karena UIN tersebut bagus menggunakan data dan juga sudah pernah di cek oleh BPK ternyata aplikasi ini aman. “Virus ini mirip malware beberapa waktu lalu. Dan jika data ingin kembali seperti semula para hacker meminta tebusan,” lanjutnya.

Baca Juga :  Optimis Jadi Kota Sehat 2017

Masih dikatakannya, mungkin ke depan pihaknya akan lebih waspada lagi terhadap serangan hacker. “Jadi pelajaran untuk kami, dan sistem ini akan lebih baik lagi agar tidak mudah dijebol,” tuturnya. Akibat diretasnya aplikasi ini, dana remunirasi 370 pegawai dan dosen belum bisa dicairkan. “Untuk dihitung manual tidak bisa karena harus menggunakan sistem,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto saat dikonfirmasi tadi malam mengatakan, dirinya akan menugaskan anggotanya langsung ke UIN Raden Fatah untuk memeriksa aplikasi yang diretas. “Besok (hari ini, 14/6, red), anggota saya akan memeriksa langsung,” tegasnya. (wly/nan/ce4)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!