Asian Games, Pemprov Sumsel Sudah Action, Bukan Lagi Sosialisasi

Alex Noerdin

PALEMBANG – Jelang satu tahun pagelaran multievent olahraga se-Asia, Asian Games XVIII, Jakarta-Palembang, 19 Agustus-2 September 2018, panitia penyelenggara terus rapatkan barisan. Terutama untuk terus menggencarkan promosi dan sosialisasi Asian Games.

Maklum, meski tinggal satu tahun lagi, gaung pagelaran akbar olahraga se-Asia terbilang masih belum terlalu terasa. Bahkan itu di dua kota penyelenggara tuan rumah (host city), Jakarta dan Palembang.

“Saya lihat untuk Palembang sendiri, sosialisasinya masih kurang. Spanduk atau baliho masih kurang. Yang terlihat baru infrastrukturnya, seperti LRT. Jadi memang masih perlu kerja keras lagi,” ujar Direktur Kemitraan Komunikasi Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Dedet Surya Nandika, dalam acara Sosialisasi Asian Games 2018 di Graha Bina Praja Pemprov Sumsel, kemarin.

Karena itu, pihaknya ke depan akan lebih meningkatkan sinergi dengan kementerian/lembaga, dan pemda setempat. Terobosan yang paling efektif untuk menggaungkan perhelatan ini, tidak lain dengan penyelenggaraan event akbar yang melibatkan partisipasi langsung dengan masyarakat.

Tidak hanya bakal menggandeng langsung pihak media massa, Kominfo juga akan menggunakan media sosial sebagai salah satu sosialisasi Asian Games. “Saya setuju dengan Gubernur (Sumsel), kita harus jemput bola. Sosialisasinya harus gencar lagi, semua media harus dilibatkan,” tuturnya.

Baca Juga :  Pempek Lebih Enak Daripada Narkoba

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, dalam sambutannya justru sedikit mengkritik Kominfo yang dianggap baru memulai sosialisasi Asian Games. Justru bagi Alex, saat ini sudah waktunya para pihak untuk action. Jika baru ingin berdiskusi panel tentang Asian Games, seharusnya sudah lama dilakukan.

Sebab Pemprov Sumsel sudah tahap action, bukan lagi sosialisasi. “Kami di Palembang mati-matian. Tahun 2010 Jakabaring masih rawa, tetapi dengan ridha Allah swt sudah seperti saat ini. Setelah SEA Games, Sumsel dipercaya menggelar Islamic Solidarty Games (ISG). Dari 2011 hingga sekarang, ada 39 kali event Asia Pasifik,” paparnya.

Meski demikian, Alex juga berterima kasih Kominfo melakukan sosialisasi. Dengan acara Kominfo yang nantinya dipusatkan di Palembang. “Bapak tinggal perintahkan Kominfo seluruh Indonesia untuk memasarkannya,” tambahnya. (cj11/air/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!