Asian Games Tambah 40 BRT

HALTE TERTUTUP: Bus Transmusi tidak bisa merapat ke halte depan Sumeks karena ada truk kontainer mogok, kemarin. Foto: Kris/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) akan menambah 40 bus rapit transit (BRT) Transmusi pada perhelatan Asian Games mendatang. Masing-masing dua bus akan ditempatkan di beberapa hotel berbintang di metropolis, untuk mengangkut tamu yang datang.
“BRT Transmusi sebagai transportasi massal yang nyaman dan aman bagi masyarakat dan tamu yang berkunjung ke Palembang,” ujar Antoni Rais, direktur operasional PT SP2J. Ke-40 bus itu, merupakan bantuan dari Kemenhub yang tiba tahun lalu.
Adanya tambahan bus merek Hino, ukuran medium berkapasitas 32 penumpang itu, menurut Antoni tidak akan mengganggu operasional bus lainnya. Masyarakat tetap akan mendapatkan pelayanan, dengan rute yang tersedia.
Menyambut Asian Games, pihaknya akan mengaktifkan rute Terminal Alang-Alang Lebar-Terminal Karya Jaya. Sementara untuk rute ke Bandara SMB II Palembang, akan ditambah empat bus lagi. “Jadi total yang beroperasional enam karena dua yang sudah berjalan,” ungkapnya.
Agar suasana Asian Games terasa, pihaknya melakukan branding Asian Games pada 50 unit bus Transmusi. Hal ini sudah dikoordinasikan ke Inasgoc, panitia Asian Games pusat. “Bus yang sudah branding Asian Games, khususnya rute ke OPI Jakabaring,” jelasnya.
Manager BRT Transmusi Palembang, David Adrian, mengatakan, saat ini pihaknya memiliki SDM 300 sopir dan 300 kondektur. Sebagai persiapan Asian Games nanti, karyawan ditekankan untuk lebih disiplin, sopan dalam berpakaian, berbahasa dengan saling menghormati.
Bahkan mereka sudah melakukan training kepada karyawannya. Mulai dari pengawas, driver, kondektur, dan staf umum. “Setidaknya di dalam bus itu ada yang mengerti bahasa Inggris, sehingga memudahkan tamu asing berkomunikasi,” tambahnya. (qiw/air/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!