Asian Games, Tetap Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan (Dsdik) Sumsel, Drs Widodo MPd

PALEMBANG – Asian Games 2018 Jakarta-Palembang sebentar lagi akan dilaksanakan. Pesta akbar olahraga terbesar di Asia tersebut akan digelar mulai 18 Agustus 2018. Sebagai tuan rumah, warga Sumsel, terutama Palembang, tetap mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. Namun selama Asian Games, siswa SMA/SMK tidak diliburkan.
Kepala Dinas Pendidikan (Dsdik) Sumsel, Drs Widodo MPd mengatakan, selama Asian Games mendatang, para pelajar Sumsel, khususnya jenjang SMA/SMK, akan dilibatkan dalam perhelatan pesta olahraga tersebut. “Para siswa/i akan diberikan pembelajaran langsung mengenai Asian Games sesuai mata pelajaran yang diajarkan gurunya,” ujarnya, kemarin.
Dijelaskan, beberapa waktu lalu, Disdik Sumsel bersama Disdik Jakarta membahas peran pendidikan dalam Asian Games. Pada kesempatan tersebut, juga dihadiri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC).
“Ada beberapa kebijakan dan pertimbangan berbeda antara Jakarta dan Palembang. Siswa/i SMA/SMK Jakarta akan diliburkan, sedangkan siswa/i SMA/SMK di Sumsel tidak diliburkan,” lanjutnya.
Bahkan, jelang Asian Games nanti, para pelajar SMA/SMK, khususnya Kota Palembang, tidak terganggu. Aktivitas belajar nanti akan dikaitkan dengan Asian Games, seperti membuat karya ilmiah atau laporan sejarah. “Kepala SMA/SMK di Sumsel akan diminta mengirimkan beberapa pelajarnya untuk belajar langsung selama Asian Games,” tambahnya.
Pihaknya tidak meliburkan siswa/i SMA/SMK, tentu saja ada pertimbangan. Pertama, siswa/i SMA/SMK tidak akan kehilangan aktivitas jam kegiatan belajar mengajar (KBM). Kedua, momen Asian Games mendatang pastinya sangat cocok bila dipadukan dengan mata pelajaran masing-masing siswa. “Misalnya, menciptakan suvenir khusus Asian Games,” pungkasnya. (nni/nan/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!