Awas!!! Makanan di Pasar Beduk ini Mengandung Bahan Berbahaya

22
Petugas BPOM Palembang memeriksa makmin di Pasar Beduk Lubuklinggau. foto: ansyori malik sumeks.co.id

LUBUKLINGGAU – Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Palembang, Rabu (14/6) melakukan pengawasan terhadap sejumlah makanan dan minuman (Makmin) di pasar beduk di Jl Masjid Raya.

Pihak BPOM melakukan pemeriksaan terhadap kandungan makanan yang dijual sejumlah pedagang. Sedikitnya 20 sampel makanan diambil dan diketahui. Enam diantaranya diduga positif formalin, dua diduga positif mengandung boraks. Temuan tersebut ditemukan pada olahan makanan yang berasal dari mie dan tahu.

“Kita ambil beberapa sampel yang dicurigakan,” kata Pengawas Farmasi dan Makanan BPOM Palembang, Asrul.

Pihaknya mengaku rutin melakukan pengawasan di lapangan. Guna mencegah agar konsumen tidak terganggu kesehatannya dan terhindar dari ulah “nakal” oknum pedagang.

“Seluruh makmin mengandung boraks dan formalin, kita minta pedagang untuk dimusnahkan pemiliknya. Hasil sidak akan dilaporkan ke Dinkes Linggau,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati membeli makmin. Terutama takjil puasa selama bulan suci Ramadan. “Harus hati-hati, semisal tahu yang lebih tahan lama atau minuman yang warnanya sangat cerah, itu beberapa ciri-cirinya, termasuk tekstur makanan yang lebih kenyal,” pungkasnya. (wek)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!