Bahan Alami untuk Rambut Lepek

TAK hanya musim panas yang bisa membuat rambut lepek akibat keringat berlebih. Saat musim hujan pun bisa menyebabkan beberapa masalah pada rambut seperti lembab dan kusam. Bahkan produk perawatan rambut tak mampu mengatasi persoalan rambut lepek dan lembab.
Dilansir dari Health Site, dr. Apratim Goel, direktur ahli bedah laser, memgungkapkan ada langkah aman dan efektif mengembalikan tekstur rambut halus. Tanpa harus menggunakan bahan kimia, kaum hawa bisa mengusir rambut lepek dengan bahan alami untuk masker rambut.
“Masker alami yang menggunakan bahan-bahan buatan sendiri bisa menjadi ide yang bagus untuk digunakan di musim hujan untuk perawatan rambut Anda dan terutama untuk mengurangi lembab,” kata dr. Goel.
Beberapa bahan yang bisa digunakan seperti Pisang. Buah yang satu ini bisa dijadikan masker karena mampu melembabkan dan melembutkan rambut kering. Sehingga, pisang berfungsi mencegah kerusakan rambut dari air hujan. Caranya lembutkan satu pisang, satu telur, dan tambahkan sedikit minyak zaitun jika Anda suka. Ratakan ke seluruh rambut. Biarkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan sampo. Ini bekerja dengan baik dalam melawan keringat penyebab lepek di musim hujan.
Kemudian bisa memakai Masker Yoghurt. Cukup campur dua sendok makan yogurt dengan satu telur. Lalu gunakan sebagai conditioner saat keramas. Biarkan campuran di kepala Anda selama 20-30 menit dan bersihkan. Ini membuat rambut menjadi lembut, berkilau dan melenting.
Madu juga bisa digunakan, caranya dengan campur minyak kelapa dengan 4 sendok makan madu dalam satu wadah. Hangatkan sedikit dan kemudian oleskan campuran secara merata melalui rambut Anda. Biarkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan sampo. Maka rambut akan terasa mudah diatur dan memiliki tekstur lembut.
Terakhir ada masker dari cuka sari apel. Masker rambut ini membantu merapikan kutikula rambut. Campurkan satu sendok makan cuka dengan 1/2 gelas air dan aplikasikan ke rambut lepek sebagai masker. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial jika baunya terlalu menyengat. Sisir rambut, biarkan selama lima menit dan kemudian bilas. (fid)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!