Bahaya Tidur Pagi

Generasi Z tau dengan hewan yang mirip batman? Itu lho hewan yang tidur saat pagi dan bergrilya saat malam (Ngalong). Yups, siapalagi sih kalo bukan kekelawar alias Kalong. Nah, fase tidur kekelawar seperti ini emang sering banget dialami sama generasi Z jaman now. Apalagi saat generasi Z sedang dikejar deadline tugas sekolah atau kampus yang besoknya harus dikumpul, bahkan ada juga lho yang rela nggak tidur semaleman dan buang waktu istirahatnya demi nonton oppa kesayangan di PC atau televisi, lebih ekstrim lagi ada beberapa generasi Z juga yang tahan untuk begadang demi ngegame. Wah, gawat juga nih!
Semua orang tahu bahwa tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental kita. Tidur juga dapat membuat sel-sel dalam tubuh kita ber-regenerasi, alhasil badan lebih segar ketika bangun nanti. For your Information, Kebutuhan tidur seseorang berbeda tergantung usia, serta dipengaruhi juga oleh gaya hidup dan kondisi kesehatannya lho. Rata-rata orang dewasa memerlukan tidur antara tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya.
Bisa dibayangin dong, kalo kita yang masih remaja saja sudah tidur kurang dari itu, lalu bagaimana nasib sel tubuh kita yang seharunya mengalami perbaikan malah dipaksa begadang semaleman. Kalo mereka bisa ngomong pasti udah jerit-jerit tuh minta diajak istirahat, hehe!
By the way, tanda generasi Z sudah tidur dengan baik yakni ketika kalian bisa terlelap walau dalam waktu yang sangat singkat singkat sekitar 15-20 menit setelah berbaring di tempat tidur, serta tidur teratur selama 7 hingga 9 jam dan terbangun dengan perasaan segar. Eits, statement diatas hanya untuk yang teratur ya, lalu bagaimana ya dengan generasi Z yang hampir mirip si kembaran batman, ‘Tidur Waktu Pagi’.
“Banyak dampak negatif yang akan ditimbulkan dari kebiasaan ini, salah satunya yakni akan berpengaruh pada kondisi fisik kita.” Ujar Dr. Afrimelda S,Mkes, saat diwawancarai. Well, guys dokter afri menambahkn bahwa ketika seseorang tidur secara berlebihan, hal ini akan berpengaruh pada energi pada tubuhnya.
“Hal ini dikarenakan metabolisme berproses saat tubuh dalam keadan istirhat seperti tidur. Sedangkan ketika anda tidur di pagi hari, hal ini akan berpengaruh pada sistem tubuh yang kurang bekerja secara norma, dimana ini akan berpengaruh pada tingkat energi kita ketika bangun.” Lanjutnya.
Did you know guys, jika kita kurang tidur maka tubuh rentan lho terkena penyakit kanker darah, apalagi di pagi hari ini akan mengakibatkan dalam tubuh kita terjadi kenaikan kadar darah putih yang ada. Ketika hal ini terjadi, akan menyebabkan kondisi tubuh kita rawan terkena penyakit kanker darah. Apalagi ketika kita tidur di jam 10 pagi – 12 siang, hal ini akan sangat fata bagi kerja metabolisme tubuh kita.
Aktifitas kuliah yang padet ditambah dengan tugas kuliah yang numpuk keduanya jadi faktor nih kenapa generasi Z terkadang tidur dipagi hari. Parahnya, generasi Z yang sudah tau akan dampah negatif ini berujar bahwa tugas kudu diselesaikan. Salah satunya, Lien Nainggolan, Mahasiswa semester 3 jurusan Teknik Sipil Universitas Sriwijaya ini bercerita bahwa tidur pagi merupakan kebiasaan tip hari nya. “Terpaksa nggak terpaksa, ya aku harus menyelesaikan laporan laboratorium, bayangin aja waktu aku semester 2 kemaren ada 3 matakuliah laboratorium yang tiap minggu harus punya laporan, nggak tidur semaleman itu hal biasa.” Ceritanya.
Nah, kalo lien rela begadang demi tugas, beda lagi nih dengan Ilham yang rela begadang demi menangin games dota. “Tiap minggu itu aku jadwalin satu hari buat begadang semaleman full di warnet bersama temen-temen buat main dota atau semacemnya, ayah sering marah karen hal itu, tapi ya mau gimana lagi, aku ngeras udah kecnduan deh.” Terang Ahmad Ilham, zetizen asal SMAN 20 Palembang.
Eits, walaupun banyak downside yang dirasakan ketika tidur pagi ini, ternyata ada juga lho upside alias sisi positifnya kita tidur pagi, salah satunya yakni semua tugas dapat terselesaikan dan beban jadi berkurang sedikit demi sedikit. Walaupun begitu,kesehatan tetaplah yang harus diutamakan ya generasi Z! (dab)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!