Bangun Jembatan Darurat

Jembatan yang menghubungkan dua desa, Ujanmas dan Pulau Kemuning, hancur dihantam banjir bandang. Foto: Didi/Sumeks

MUARADUA – Jembatan darurat bakal dibangun di atas Sungai Air Asahan. Pasalnya, jembatan penghubung dari Desa Ujanmas ke Desa Pulau Kemuning putus akibat tersapu banjir bandang, Kamis lalu. ‘’Tim sudah diterjunkan untuk mengecek kerusakan infrastruktur, terutama jembatan tersebut,’’ ujar Kepala Dinas PU dan Tata Ruang OKU Selatan, Faisal ST.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan membangun jembatan darurat agar warga bisa beraktivitas. “Sudah kita koordinasikan dengan BPBD untuk ditanggulangi sesegera mungkin sesuai instruksi bupati agar warga bisa keluar,” kata Faisal.

Penaggulangan yang akan dilakukan sifatnya sementara tindakan darurat tanggap bencana sesuai instruksi bupati. Anggarannya akan menggunakan dana penanggulangan pascabencana. “Anggarannya ada. Namun kalau untuk dianggarkan di APBD, butuh proses dan waktu lama untuk dibangun. Ini menyangkut kepentingan masyarakat Desa Pulau Kemuning makanya akan kita koordinasikan dengan BPBD agar ditanggulangi dengan dana Bencana,” ujar Faisal.

Sementara terkait jembatan permanen penghubung ke Desa Pulau Kemuning, lanjutnya, pemerintah merencanakan membangun jembatan beton. “Memang sudah masuk dalam rencana pembangunan 2018 untuk jembatan itu dibangun rangka beton karena badan jalannya sudah ada,” terang Faisal. (dwa/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!