Bangun Kembali Kepercayaan Diri

Makan Konate. Foto: Kris/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Pascalibur Lebaran, Sriwijaya langsung fokus hadapi laga lanjutan Liga 1 2018. Yakni menghadapi PS TIRA di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Jumat (6/7) nanti.
Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, yang baru kembali usai mengikuti pelatihan lisensi AFC Pro serius menatap laga tersebut. RD sapaan akrabnya, tak mau anak asuhnya keteteran hadapi PS TIRA. Karena lama tak bertanding, Hamka Hamzah dan kolega berpotensi kehilangan sentuhan. Itu yang harus segera diperbaiki.
“Dua hari ini, saya lihat semangat anak-anak meningkat untuk pertandingan berikutnya. Kepercayaan diri pemain sudah mulai terbangun kembali,” ujar RD.
Persiapan dilakukan karena mantan tactician Timnas Indonesia itu tak mau meremehkan PS TIRA. Sriwijaya lebih unggul di peringkat ke-5 dengan 19 poin dari 13 laga yang dijalani. Sedangkan PS TIRA berada di peringkat ke-14 dengan 16 poin dari 13 laga yang dilakoni.
Namun, tetap saja PS TIRA tim yang patut diwaspadai. Ledakan senjata The Young Army (julukan PS TIRA) bisa memakan korban siapa saja. Beberapa tim kuat pernah jadi korbannya. Termasuk penghuni papan atas, Barito Putera yang pernah membantai Sriwijaya FC 3-1, berhasil dihancurkan PS TIRA dengan skor 1-0.
“Mereka punya semangat, diisi oleh pemain muda yang punya kecepatan dan kekompakan di lapangan. Melawan tim seperti ini, faktor psikologi dan fokus akan sangat menentukan,” ungkap RD.
Belum lagi, PS TIRA berusaha bangkit pascabeberapa pertandingan terakhir hasilnya kurang mengenakan. Salah satunya mendatangkan pelatih berkualitas sekelas Nil Maizar. Otomatis, hadirnya mantan pelatih Timnas itu menambah semangat berbeda di tengah masalah yang mereka hadapi.
Nil sapaan Nil Maizar diprediksi mampu memaksimalkan pemain muda. Seperti yang dilakukannya semasa membesut PS Semen Padang musim lalu.
Untuk itu, RD meminta anak asuhnya untuk mewaspadai serangan Manahati Lestusen dan kawan kawan. Terutama lini belakang agar tidak memberi celah sedikitpun kepada lawan. Termasuk terhadap Aleksander Rakic, penyerang jangkung yang telah mencetak 8 gol di liga sejauh ini.
RD mengintruksikan anak asuhnya untuk tetap semangat dan membawa motivasi tinggi meski tim baru diterpa isu kamar ganti. “Berulang kali saya sampaikan kepada pemain, saat berada di dalam lapangan mereka punya tanggung jawab profesional. Karena itu, harus bermain untuk menang,” tambahnya.
Sementara itu, PS TIRA sendiri telah tiba di Palembang kemarin. Membawa 18 pemainnya, tim bermarkas di Bantul, Jawa Tengah itu berharap hasil yang terbaik.
Media officer, Nandang Sidik, mengatakan, jika pelatih Nil Maizar juga telah bergabung dengan tim dan akan berada di lapangan saat menantang Sriwijaya FC. “Besok kami akan lakukan official training dan berharap hasil yang terbaik dari Palembang,” tukasnya. (aja/ce1)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!