Banjir, Longsor, Dapur Warga Rusak, Satu Luka Ringan

TAK hanya banjir, di musim hujan seperti saat ini, juga rawan longsor. Hujan yang mengguyur Kota Maradua, Minggu sore hingga malam, menyebabkan permukiman warga di Tangsi Bawah, Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Muaradua, longsor.

Akibatnya, rumah warga Mahmudin rusak. Tak hanya itu, longsor ini mengakibatkan Marlis, istri Mahmudin, luka ringan. Korban tertimpa material bangunan. ‘’Saat kejadian, saya dan keluarga sedang istirahat di rumah,’’ ujarnya.

Saat kejadian, dirinya sedang istirahat di kamar. Sedangkan istrinya di dapur. ‘’Karenanya, dia terkena material bangunan yang diterjang longsor,’’ ujarnya.

Kepala Pelaksana BPBD OKU Selatan, Doni Agusta SKM mengatakan, longsor terjadi, Sabtu (10/3), pukul 20.00 WIB. Sebelumnya, hujan deras terjadi sejak pukul 16.00 WIB. “Rumah itu saat kejadian dihuni Mahmudin bersama tiga anggota keluargannya. Beruntung, longsor tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, istrinya mengalami luka akibat tertimpa material bangunan,” kata Doni.

Doni mengimbau warga yang bermukim di daerah tebing waspada ancaman longsor dan banjir. ‘’Kondisi cuaca saat ini tak menentu,” tuturnya.

Dikatakannya, longsor di Tangsi Bawah sudah kedua kali terjadi menimpa rumah warga. Kondisi permukiman langsung di bawah tebing disertai kondisi tanah pasir gunung yang labil, sangat rentan longsor. “Kita sudah peringatkan warga untuk selalu waspada,” imbuh Doni. (dwa/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!