Bank Operasional Terbatas, Antisipasi Trafik

PADAT PENUMPANG: Penumpang memadati Bandara SMB II, kemarin. Foto: Kris/Sumatera Ekspres

PALEMBANG – Selama masa cuti bersama Lebaran Idulfitri, 10-20 Juni, tak seluruh layanan publik tutup. Perbankan contohnya sudah melakukan berbagai persiapan dengan tetap operasional meskipun terbatas. Seperti Bank BRI, mulai hari ini (11/6) sampai 14 Juni dan 10-20 Juni, 10 kantor cabang (KC) akan tetap buka.
“Tapi operasional ini sifatnya terbatas. Layanannya hanya berupa pembukaan, penarikan, dan setoran rekening simpanan, setoran pinjaman, money changer, dan layanan complain handling, termasuk penanganan kartu tertelan,” kata Pemimpin Wilayah BRI Palembang, Eko Wahyudi, kemarin (10/6).
Selain itu, lanjutnya, BRI juga operasikan weekend banking meliputi KC Palembang Sriwijaya, KC Palembang A Rivai, KC Tanjung Pandan. KCP 16 Ilir, KK BTC Pangkal, Unit Kuto, Teras Pasar 16 Ilir, dan Terling Unit Kuala Tungkal. “Layanannya hampir sama. Tapi cabang ini juga layani penebusan BBM oleh SPBU, transfer, dan registrasi layanan e-banking,” bebernya.
Layanan terbatas ini, lanjut Eko, untuk memudahkan nasabah yang masih memerlukan layanan kas selama libur Lebaran. “Biasanya masih ada nasabah yang mau ke bank. Terutama untuk melakukan penebusan BBM,” cetusnya. Ini juga diakui oleh Pemimpin BNI Wilayah Palembang Dodi Widjajanto melalui Head of Bussiness Consumer BNI Wilayah Palembang Anak Agung Gede Putra. “BNI buka beberapa outlet saat libur Lebaran dan cuti bersama. Cabang yang buka itu sudah kita bagi,” jelasnya.
Misalnya, pada 11-14 Juni, 16 dan 18 Juni itu 3 kantor cabang buka yakni KC Bengkulu, Jambi, dan Musi Palembang. “Bank ini mulai buka pukul 09.00-14.00 WIB,” jelasnya. Selanjutnya, pada 19-20 Juni, semua cabang akan buka pukul 08.00-15.00 WIB. “Namun itu masih layanan terbatas. Operasional bank akan kembali normal pada tanggal 21 Juni,” ujarnya.
Regional CEO Bank Mandiri Region II/Sumatera 2, Aribowo melalui Credit Card Head Bambang Indro mengatakan masyarakat yang memiliki urusan untuk diselesaikan di bank saat libur Idulfitri dan cuti bersama tetap dimudahkan. Ada beberapa kantor cabang yang disiapkan agar tetap beroperasi.
“Di Sumsel ada beberapa kantor cabang operasional,” ujarnya. Dikatakan, bank yang buka akan digilir setiap hari, contohnya pada 11 Juni yang operasional KCP Palembang A Rivai pukul 08.00-15.00 WIB dan KCP Prabumulih Pertamina pukul 09.00-15.00 WIB. Demikian juga hari berikutnya, ada KCP Lubuklinggau dan KC Palembang Sudirman, dan seterusnya. “Bahkan 16 dan 20 Juni ada empat cabang buka,” ujarnya.
Diakuinya, transaksi saat libur Lebaran ini biasanya memang tidak akan tinggi seperti hari biasanya. “Kalau layanan kas sudah dicover dengan mesin ATM. Sementara, nasabah bisnis belum banyak aktivitas, kecuali layanan penebusan BBM,” bebernya. Tapi berbeda dengan BCA, Kepala Pengembangan Bisnis BCA Wilayah VI Palembang, Yohanes Setyowidodo menyatakan saat libur Lebaran, seluruh cabang dan weekend banking BCA tidak operasional pada 13-18 Juni. “Namun besok (hari ini, red) dan 12 Juni, beberapa cabang operasional terbatas serta melayani semua transaksi kecuali valuta asing, SKNBI, dan RTGS,” ujarnya. Demikian juga 19-20 Juni, hanya beberapa cabang yang beroperasi. Cabang-cabang ini melayani semua transaksi, kecuali valuta asing. “Seluruh cabang baru operasional normal itu 21 Juni,” ungkapnya.
Sekretaris Perusahaan Bank SumselBabel, Faisol Sinin mengatakan pihaknya sendiri menggelar operasional terbatas 19-20 Juni, berlaku di seluruh kantor kas. “Kalau besok (hari ini, red) hingga 14 Juni kami libur. Walau begitu kami sudah siapkan ATM di mal-mal dan CDM untuk setoran di kantor Cabang A Rivai dan Palembang Atmo,” ujarnya. Jadi nasabah jangan khawatir tak bisa melaksanakan transaksi kas.
Manajer Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Rendha Prasetya Kuswono mengatakan, pada momen hari raya Idul Fitri 1439 H/2018, seluruh Kantor Bank Indonesia (Pusat dan Daerah) pada 11-18 Juni tidak beroperasi untuk umum. Sedangkan, pada 19-20 Juni, Bank Indonesia beroperasi terbatas.
“Pada 11-18 Juni layanan kegiatan penyelenggaraan Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Bank Indonesia Electronic Trading Platfom (BI-SSSS), Bank Indonesia Electronic Trading Platfom (BI-ETP), termasuk Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) ditiadakan,” cetusnya. Setelah itu, 19-21 baru layanan normal kembali sesuai jadwal berlaku. Begitu juga dengan mekanisme penyediaan pendanaan awal (prefund) untuk layanan transfer dana dan layanan kliring warkat debit.
“Layanan kas tidak beroperasi dan kegiatan operasi moneter rupiah dan valas ditiadakan. Sementara 19-20 Juni, kegiatan layanan kas beroperasi secara terbatas,” terangnya. Sementara itu, operasi moneter rupiah dilakukan untuk standing facilities rupiah (deposit dan lending facility).
Lalu, pelaporan LHBU dan JIBOR berjalan seperti hari kerja normal, kecuali untuk bank yang menyampaikan informasi kepada BI, bahwa bank tidak beroperasi. Untuk operasi moneter valas, seluruh kegiatan transaksi ditiadakan. Kurs JISDOR tidak diterbitkan. Serta, kurs Bank Indonesia menggunakan referensi kurs hari kerja normal terakhir yang diterbitkan pada tanggal 8 Juni 2018,” urainya.
Selain bank, operator telekomunikasi juga melakukan persiapan guna antisipasi lonjakan trafik. Provider Telkomsel memprediksi konsumsi data bisa naik 54 persen. Jika tahun lalu sebesar 543 terabyte, tahun ini bisa 1.400 terabyte. General Manager Sales Regional Sumbagsel Telkomsel, Gatot P Utomo menuturkan, di wilayah kerjanya akan jadi tempat dengan konsumsi tertinggi di Sumatera.
“Untuk Palembang, kita akan konsen di pusat keramaian seperti di Masjid Agung dan mal,” katanya saat jumpa pers kesiapan Telkomsel hadapi Lebaran, kemarin. Banyak hal sebagai pemicu, seperti melonjaknya penetrasi handset 4G, pengguna data sangat bersama, media sosial jadi lifestyle, dan harga paket makin murah.
Tak hanya data, dari voice juga diprediksi naik. Angkanya bisa meningkat 3,5 persen dibanding tahun lalu. “Kami siap hadapinya dan meningkatkan kualitas jaringan,” ungkapnya.
Untuk memastikan kesiapan jaringan antisipasi lonjakan trafik, Telkomsel telah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik. Secara nasional, Telkomsel membangun 12,113 transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.
Sales Area Manager Indosat Ooredoo Palembang Helmar Dody mengatakan, saat ini coverarge internet Indosat Ooredoo di Sumsel 85 persen. Kapasitas ini akan terus ditingkatkan untuk memberi kenyamanan dan akses internet kepada masyarakat. “Kita selalu ada penambahan BTS, untuk menambah kualitas internet lebih baik dan lebih luas lagi,” katanya.
Regional Marketing Manager XL Axiata Oloan Martua Rajagukguk mengatakan, XL Axiata komitmen meningkatkan kualitas jaringan data demi kenyamanan pelanggan. Pembangunan jaringan ini meliputi perluasan jangkauan layanan ke area-area yang sebelumnya tidak terjangkau dan memperkuat kualitas jaringan di area yang sudah terjangkau. “Termasuk sesi Lebaran Idulfitri,” bebernya.
Terpisah, pusat perbelanjaan H-5 kemarin tetap ramai. Beberapa tenant masih beri tawaran menarik manjakan customers. Seperti Cardinal PIM di Wings Atrium PIM, masih gelar event bazar hingga Kamis (14/6). “Berbagai pilihan fashion terbaru dan aneka promo bisa didapatkan. Special prize untuk atasan dan promo untuk celana denim,” kata Selvi, kasir Cardinal PIM.
SPG Crocodile PIM Anisa mengatakan, Crocodile PIM turut serta dalam Midnite Sale PIM sebelumnya. Berbagai pilihan fashion laki-laki diserbu customers. Ia mengakui event ini meningkatkan penjualan. “Stok kita tambah dari bulan biasa 6 ribu item. Kita juga selalu hadirkan koleksi-koleksi terbaru untuk customers dengan promo yang terbaik,” ungkapnya.
Marketing Communication OPI Mall Wendy Ansa menyebut, meski Great Sale sudah selesai, berbagai promo tetap jalan sampai libur Lebaran selesai. “Promo dan diskon bervariasi. Masing-masing tenant seperti departement store terus geber program menarik untuk pengunjung,” katanya. (cj16/rip/fad/ce2)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!