Banyak Perda tak Efektif

107
Ilustrasi. foto: dok sumeks.co.id

TEBING TINGGI – Hingga saat ini sudah puluhan Peraturan Daerah (Perda) yang disahkan oleh DPRD Empat Lawang, namun hanya sedikit Perda yang bermanfaat bagi masyarakat dan berjalan dengan maksimal.

Padahal, anggaran yang dikeluarkan untuk membuat satu Perda tidak sedikit. Mulai dari Paripurna Rancangan Perda, studi banding anggota DPRD hingga pencetakan serta penggandaan Perda setelah disahkan.

Informasi dihimpun, satu Perda bisa menghabiskan Rp100 juta lebih dan anggarannya tersebut ada dua tempat, di Bagian Hukum Setda Empat Lawang dan di Sekretariat DPRD Empat Lawang.

“Di Bagian Hukum dengan Sekretariat DPRD anggarannya berbeda. Satu perda sekitar Rp100 jutaan untuk di Bagian Hukum,” ujar salah satu pegawai yang enggan namanya ditulis.

Kepala Bagian Risalah Setwan Empat Lawang, Mugiono menyebut anggaran pembuatan satu Perda melibatkan banyak pihak sehingga wajar menghabiskan anggaran.

“Kalau masalah jumlah anggarannya saya kurang paham, yang saya tahu ada anggaran untuk DL ke daerah-daerah yang sudah membuat Perda sebelumnya, seperti Perda KTR (Kawasan Tanpa Rokok) kita ke daerah yang sudah membuat Perda KTR,” tuturnya. (eno)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!