Beda Peranan, Dituntut Berbeda

Pembacaan tuntutan dua terdakwa kasus dugaan kepemilikan sabu di PN Palembang, Senin (27/11). Foto: Adi/Sumatera Ekspres

PALEMBANG- Kedua terdakwa kasus dugaan kepemilikan paket sabu yakni Untung Suryono (34), warga Jl Taqwa Sei Deras, Keluraha Sei Selincah, Kecamatan kalidoni yang bertindak sebagai penjual dituntut berbeda dengan Didi (39), warga Jl Ki Gede Ing Suro Lr cahya Bulan Kelurahan 32 Ilir Kecamatan Ilir Barat II sebagai pembeli.

Dalam persidangan yang digelar Senin (27/11), Jaksa Penuntut Umum (JPU), Devianti Iteria SH menuntut Untung Suryono dengan pidana penjara selama 7 tahun enam bulan dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan. Sedangkan untuk terdakwa Didi, dituntut dengan pidana penjara selama 6 tahun dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan.

“ Keduanya kita jerat dengan pasal 114 ayat 1 Jo pasal 132 UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika. Karena berbeda peran, yakni Untung sebagai penjual dan Didi sebagai pembeli, tentu saja tuntutannya berbeda. Penjual lebih berat 1,5 tahun dari yang membeli,” ungkapnya di sela-sela membaca tuntutan di PN Palembang, Senin (27/11) sore.

Yang memberatkan, diakuinya, perbuatan terdakwa ini sudah meresahkan masyarakat dan tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas peredaran gelap narkoba. Sedangkan yang meringankan, keduanya mengakui semua perbuatannya dan menyesalinya.

“ Terdakwa juga bersikap sopan selama proses persidangan,” tegasnya. (afi)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Selasa (28/11). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!