Bekali Anak dengan Ilmu Pengetahuan

Mardalena

Oleh : Mardalena

ANAK merupakan anugerah bagi keluarga. Maka sudah selayaknyalah sebuah keluarga memberikan semua yang terbaik untuk sang anak. Memang tidak diragukan lagi bahwa hampir semua orang tua akan memberikan kebutuhan finansial terbaik untuk anaknya sesuai dengan kemampuan masing-masing.
Begitupun dengan kebutuhan pendidikan, tidak sedikit orang tua yang menyadari bahwa bekal terbaik untuk diberikan kepada anak tercinta adalah ilmu pengetahuan, sebab jika anak berbekal dengan ilmu pengetahuan insya Allah anak akan kuat menghadapi tantangan zaman di masa yang akan datang, sekalipun orang tua sudah tidak kuat lagi memberikan dukungan terhadap sang anak. Karena seiring waktu tidak selamanya orang tua mampu mendampingi anak-anaknya, sedangkan kebutuhan sang anak akan semakin bertambah.
Mengingat bekal terpenting yang harus diberikan oleh orang tua terhadap anaknya adalah ilmu pengetahuan, maka orang tua harus serius menyikapi hal ini. Karena ilmu pengetahuan yang dimiliki anak besar sekali pengaruhnya terhadap nasib hidupnya nanti. Jadi kita sebagai orang tua tidak boleh menganggap sederhana masalah ini, karena jika orang tua gagal memberikan bekal ilmu pengetahuan yang baik terhadap anaknya, dikhawatirkan anak lah yang akan menjadi korban di masa mendatang.
Bisa dikatakan semua orang tua telah mengetahui bahwa salah satu langkah untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan terhadap anak adalah dengan pendidikan. Diantaranya dengan menyekolahkannya setinggi mungkin. Tidak sedikit orang tua yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membelikan fasilitas belajar terbaik untuk sang anak, bahkan mereka juga rela menguras kantong agar dapat memberikan pelajaran tambahan dengan mengikuti berbagai privat dan kursus keterampilan.
Semua itu semata-mata dilakukan agar dapat membekali anak dengan ilmu pengetahuan yang terbaik. Sudah tidak diragukan lagi, banyak orang tua yang rela mengorbankan banyak uang demi pendidikan anaknya, tetapi ada hal inti yang sering terabaikan oleh beberapa orang tua di zaman serba modern saat ini yaitu pendidikan anak dari orang tuanya sendiri di rumah terutama pendidikan akidah akhlak.
Seperti kita ketahui pendidikan akidah akhlak harus diterapkan sejak dini pada diri anak. Nilai-nilai pendidikan ini akan tumbuh pada diri anak dengan latihan terus-menerus melalui nasihat dan contoh dari orang terdekatnya di rumah dan lingkungan sekitarnya. Pendidikan ini bahkan sangat besar imbasnya terhadap pendidikan umum yang lebih luas nantinya. Pendidikan ini bisa dikatakan sebagai pendidikan dasar yang pertama diterima oleh anak.
Anak yang telah mendapatkan pendidikan ini dari orang tua di rumah sejak dini biasanya akan lebih mempermudah pihak sekolah dalam menyampaikan ilmu pengetahuan terhadap sang anak. Karena ilmu yang diterima anak dengan adab yang benar serta penuh ketaan terhadap guru akan jauh lebih berkah dibandingkan dengan anak yang kurang beradab.
Sebagai orang tua perlu kita ketahui, bahwa sekolah bukan satu-satunya pihak yang bertanggung jawab dalam pendidikan anak melainkan hanya bagian dalam pendidikan tersebut, Melainkan orang tua sendiri lah yang harus jauh lebih aktif dan bertanggung jawab lebih terhadap pendidikan anak-anaknya.
Mengingat betapa seriusnya masalah ini terhadap masa depan anak di masa yang akan datang, maka sudah saatnya orang tua ambil bagian untuk menjalankan perannya dalam mendidik anak. Semoga tidak ada lagi orang tua yang memasukkan anaknya ke pesantren hanya dengan alasan anaknya nakal. Perlu kita ketahui bahwa pesantren bukan tempat menampung anak nakal.
Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mulia yaitu mencetak generasi bangsa menjadi insan yang bermutu, dengan menghadirkan guru-guru yang selalu bersedia mendampingi dan membimbing anak-anak dalam belajar dengan disertai teladan yang baik. Jadi seharusnya sebagai orang tua kita malu jika memasukan anak kepesantren kalau alasannya karena kita tidak berdaya memdidik anak kita sendiri lantaran mereka nakal. (*)
.
*Guru SMP IT Harapan Mulia Palembang

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!