Belakang Pantas Waswas

Mahamadou N’Diaye, bek anyar Sriwijaya FC harus bersaing keras di posisi belakang. Foto: Kris Samiaji/Sumeks

PALEMBANG – Masuknya Saepuloh Maulana dan Alfin Tuasalamony membuat lini belakang Sriwijaya FC gemuk. Sektor ini dihuni 12 pemain. Mereka adalah Mahamadou N’Diaye, Mohammad Roby, Bobby Satria, Ahmad Faris, Yanto Basna, dan Saepuloh untuk posisi bek tengah.

Sementara di bek kanan dan kiri ada Alfin Tuasalamony, Novan Setyo Sasongko, Marckho Merauje, Gilang Ginarsa, Samuel Christianson, dan Zalnando. Itu belum stok pemain PON Sumsel yang diikutsertakan ke dalam skuat tim berjuluk Laskar Wong Kito musim depan. Salah satunya Berry Rahmada.

“Ini bukan gemuk atau menumpuk, hanya menyesuaikan kebutuhan saja. Nanti juga masih akan dilihat lagi sesuai kebutuhan,” ungkap Sekretaris Tim Sriwijaya FC, Ahmad Haris, Senin (1/1).

Haris menjelaskan, pelatih lah yang tahu kebutuhan tim secara pasti. Semua ini dilakukan untuk antisipasi segala hal. Di antaranya jika ada pemain belakang yang terkena akumulasi kartu ataupun cedera. Berkaca pada kejadian musim lalu, Sriwijaya FC sampai alami krisis pemain belakang akibat cedera dan akumulasi kartu.

Saking krisisnya, bahkan Sriwijaya FC sempat bermain tanpa memasukkan bek tengah cadangan di daftar susunan pemain. Ini karena stok bek tengah yang fit sudah habis. Situasi ini memaksa pelatih Sriwijaya FC kala itu melakukan modifikasi posisi Indra Permana yang awalnya bek kiri menjadi stopper berduet dengan Yanto Basna.

Baca Juga :  Hamka Hamzah: Perjuangan Sriwijaya FC Sesungguhnya Ada di Liga 1

“Tahun ini kan kompetisi padat. Selain Liga 1, ada juga Piala Indonesia dan turnamen pramusim, Piala Presiden. Jika ditotal, setiap klub bisa memainkan lebih dari 40 pertandingan semusim. Situasi ini harus kami antisipasi dengan menyiapkan pemain sesuai kebutuhan,” jelasnya.

Untuk arungi kegiatan di 2018, kata Haris, lini belakang setidaknya butuh 11 nama. Terkait kombinasi pemain, semua diserahkan kepada pelatih. Termasuk siapa saja yang akan dilepas dan dinaikkan dari tim junior di Sumsel. Yang pasti, dari komposisi lini belakang saat ini masih akan dikocok lagi.

Sehingga mendapatkan pemain yang ideal sesuai kebutuhan. Mengingat, selain mereka juga akan diselipkan pemain muda macam Berry. “Jadi nanti akan ada yang masuk dan ada yang keluar,” ucapnya. (kmd/ion/ce2)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!