Belum Butuh Homestay, Pembangunan Hotel Mencukupi

Lebih dari 10 hotel bermunculan, sejak Palembang ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Baik dari bintang 2 sampai bintang 5. Foto: Budiman/Sumeks

PALEMBANG – Sebanyak 45 negara akan mengikuti pesta olahraga tingkat Asia, pada Asian Games 2018 mendatang. Sebagai salah satu tuan rumah, Kota Palembang akan memainkan 11 dari 39 cabang olahraga. Membutuhkan ribuan kamar hotel, untuk menampung delegasi dan wisatawan yang bakal hadir selama perhelatan 18 Agustus-2 September 2018.

Untuk memenuhi kebutuhan kamar, pembangunan hotel di metropolis kian massif. Sejak ditetapkan sebagai salah satu tuan rumah Asian Games, pertumbuhan hotel berbintang mencapai lebih dari 10 hotel. Baik yang sudah resmi beroperasional maupun masih dalam proses pembangunan.

Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel, Herlan Asfiudin, mengatakan, saat ini saja pembangunan hotel yang tengah berproses ada sebanyak 8 hotel lagi. Sedangkan secara keseluruhan hotel baru yang hadir sudah ada lebih dari 5. Pertumbuhan hotel ini mulai dari hotel bintang 2 hingga bintang 5.

“Dari jumlah kamar yang tersedia saat ini dengan kebutuhan tamu yang akan datang ke Palembang masih cukup banyak butuh penambahan, namun dengan pembangunan hotel yang masih berlangsung sekarang, maka jumlah kamar hotel akan bertambah,” terangnya, kemarin (11/9).

Herlan menjelaskan, menurut rapat PHRI dengan Inasgog beberapa waktu lalu, kebutuhan kamar untuk Delegasi pada Asian games 2018 mendatang sebanyak 1.500 delegasi. “Tapi delegasi ini bisa terdiri dari beberapa orang. Karena untuk Asian Games yang menginap di hotel cuma ofisial, sedangkan atlet seluruhnya ditampung di wisma atlet dan apartemen di Jakabaring,” jelasnya. (tim)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!