Belum Punya Polres, Ganti PNKB Jadi Repot

Samsat PALI. foto: heru febrian sumeks.co.id

PENDOPO – Warga Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang hendak mengganti  pelat nomor kendaraan bermotor (PNKB) diharuskan mengurus langsung ke Polres Muara Enim, karena Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten PALI belum bisa memproses penggantian PNKB. Ini karena belum terbentuknya Polres di kabupaten tersebut.

Keadaan ini membuat warga pemilik kendaraan bermotor yang habis masa berlaku PNKB di
Kabupaten PALI mengeluh. Karena selain jarak tempuh cukup jauh, warga juga bersangkutan harus merogoh kocek lebih dalam untuk tambahan ongkos transportasi menuju Kabupaten Muara Enim.

“Hari ini (Selasa) masa berlaku STNK dan PNKB milik saya habis, tapi ketika datang ke  Samsat PALI disarankan agar mengurusnya ke Polres Muara Enim. Tentu saja ini menyusahkan masyarakat, karena dipastikan pajak serta penggantian PNKB jadi terlambat dan harus menerima denda keterlambatan, karena batas akhir pembayaran pajak serta penggantian PNKB adalah hari ini (27/2),” keluh Bani, salah satu warga PALI, Selasa (27/2).

Untuk itu, dirinya mengharapkan kepada pihak Samsat atau Pemkab PALI untuk memberi solusi agar pelayanan pajak kendaraan bermotor maupun penggantian STNK serta penggantian PNKB bisa mudah dilakukan di Kabupaten PALI, mengingat dearah ini sudah berdiri hampir lima tahun.

“Kami masyarakat awam inginkan berurusan mudah, untuk itu kami minta Pemkab atau Samsat PALI mencarikan solusi, diantaranya mempercepat pembentukan Polres di Kabupaten PALI,” pintanya. (ebi)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!