Bendera Israel Pernah Dipasang

Viral hoax bendera Israel berkibar di gedung SMKN 2 Palembang.

PALEMBANG – Bendera Israel yang menjadi viral di media sosial berkibar bersama 44 bendera peserta Asian Games 2018 di gedung SMKN 2 Palembang, langsung dibantah Wakil Ketua INASGOC Dr H Ahmad Najib.

Asisten I Setda Pemprov Sumsel ini menegaskan bahwa peserta Asian Games 2018 berjumlah 45 negara dan Israel bukan menjadi peserta. Sebab, syarat untuk menjadi negara peserta Asian Games, harus memiliki hubungan diplomatik dengan negara lainnya atau tuan rumah.

“Israel tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia dan bukan negara peserta Asian Games,” kata Ahmad Najib.

Dia menyatakan sudah menghubungi Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo MPd untuk memastikan adanya viral bendera Israel beredar di gedung SMKN 2 Palembang. “Tidak benar itu (bendera Israel) berkibar bersama bendera negara peserta Asian Games,” ujarnya.

Palembang sendiri, sambung Ahmad Najib, mendapat jatah 11 dari 39 cabor yang dipertandingkan dan dilombakan dalam Asian Games. Seperti sepak takraw, voli pantai, panjat tebing, bowling, sepak bola wanita, canoe, kayak, ski, dan cabor lainnya. Selebihnya digelar di DKI Jakarta. “Sebelas cabor tersebut dipusatkan di Jakabaring,” ujarnya. (dom)

Sementara itu Kepala SMKN 2 Palembang Drs H Zulkarnain MT mengakui bahwa bendera Israel pernah dipasang beberapa bulanĀ  lalu karena pihaknya mensupport pelaksanaan Asian Games di Jakarta-Palembang. Namun setelah ada protes dari negara-negara Arab terhadap Israel, bendera yang sudah dipasang, langsung diturunkan. “Itu foto lama dan saat ini tidak ada,” tukasnya. (dom)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!