Bendera Ramai, Pembeli Sepi

MUSI RAWAS – Jelang HUT ke-72 RI, sejumlah pedagang bendera mulai menjamur di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum). ‘’Saat ini belum banyak yang membeli, biasanya lonjakan pembeli terjadi seminggu jelang HUT RI,’’ ujar Candil, pedagang bendera.

Diakuinya, sampai saat ini barang dagangannya belum ada yang laku. Tapi ini tak membuatnya hilang semangat. ‘’Setiap tahun saya selalu berjualan bendera, biasanya seminggu jelang peringatan banyak yang beli, yang memborong dari intansi perkantoran dan warga,” katanya.

Untuk harga sangat bervariasi mulai Rp4 ribu hingga Rp350 ribu, tergantung dengan jenis, ukuran dan panjang bendera. ‘’Rata-rata semua pedagang bendera yang bera di sekitar Jalinsum Muratara, mengambil bendera dari tempat produksi yang sama, yakni di Pasar Wetan, Garut, Jawa Barat,’’ ujarnya.

Dikatakan, Muratara sangat berpotensi untuk jual-beli atribut bendera dan umbul-umbul. ‘’Ini karena Muratara daerah otonomi baru dan belum banyak perkantoran yang memiliki stok bendera maupun umbul-umbul,” katanya.

Sementara itu, Lurah Muara Rupit Lukman mengatakan, aktivitas pedagang tahunan ini muncul dalam beberapa hari terakhir. ‘’Kita minta pedagang tetap tertib dan tak menjajakan dagangan mereka, sehingga mengganggu aktivitas pengguna jalan,” pungkasnya. (cj13/ce4)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!