Bentuk Karakter Siswa/i lewat Khataman Al-Qur’an

RAMAI: Siswa-siswi SMAN 1 tanjung Raja ramai memadati aula untuk menykseskan kegiatan khataman dan menyaksikan berbagai perlombaan. Foto: SMAN 1 Tanjung Raja for Sumeks

Di bulan Ramadhan ini, banyak sekolah yang mengisinya dengan kegiatan yang positif. Salah satunya adalah SMAN 1 Tanjung Raja yang rutin mengadakan kegiatan tahunan yang berhubungan dengan bulan puasa. Acara tahunan mereka kali ini yaitu buka bersama dan khatam Al-Quran. Seperti apa ya acaranya? let’s check it out! (lmp)
SMA Negeri 1 Tanjung Raja atau yang lebih dikenal SMANTRA mengadakan Acara yang berlangsung dari Senin (4/6) hingga Selasa Malam (5/6). Suasana acara puncak kemarin berlangsung lancar, khidmat dan religius serta diikuti siswa/i kelas X hingga kelas XI yang berjumlah sebanyak 216 siswa/i.
Event yang digelar tiap tahun ini menjadi agenda besar bagi SMANTRA. Tentunya biar gak ngebosenin siswa/i, digelar juga acara kemampuan bakat siswa/i, mulai dari lomba Adzan, MTQ, menyanyi lagu religi, fashion muslim muslimah hingga stand up comedy. Banyaknya lomba yang mereka adakan berpengaruh penting untuk membentuk karakter siswa/i itu sendiri agar lebih menghargai bulan Ramadhan sekalian mencari pahala. Salut ya buat agendanya.
Gak cuman lomba saja yang jadi bagian rundown mereka, buka bersama dan khataman Al-Quran juga ada loh. Pada tahun ini khatam Al-Qurannya dilaksanakan berbarengan dengan event Ramadhan. “ Bedanya sama event tahun lalu adalah khatam Al-Quran terjadi saat event ramadhan ini. Biasanya khatam saat kenaikan kelas, kali ini ditargetkan khatam saat event ramadhan”. Ujar Linda Siswanti, S.pd, Wakil Kepala Sekolah bidang hubungan masyarakat.
Agenda penting lainnya adalah buka bersama yang diikuti oleh lingkup sekolah. Acara yang bersifat khusus ini bertujuan menjalin dan mempererat hubungan antar guru dan siswa/i. Namun, walaupun bersifat khusus, pihak sekolah juga mengundang pihak yang berada disekitar, seperti Polsek Tanjung Raja, Kepala sekolah dari sekolah lain, Camat serta Pengawas.
Selain agenda tadi, Tausiyah juga ikut menjadi agenda tahunan mereka yang diisi oleh Ustad Zulkifli. Adapun tausiyah tersebut membahas tentang perbuatan–perbuatan yang mengurangi pahala puasa dan saat-saat yang mustajab untuk mengabulkan doa.
Nah, dibalik agenda-agenda utama, ada juga loh momen berkesan yang terjadi, yaitu acara surprise ulang tahun untuk Ibu Dra. Sutinawati, M.Si, Kepala SMA Negeri 1 Tanjung Raja yang dirayakan oleh siswa/I selepas sholat tarawih bersama dengan pemberian tumpeng. Wah, kompak banget ya mereka? By the way, Happy Birthday buat ibu Sutinawati, semoga jadi kepala sekolah yang terbaik untuk siswa/i-nya.
Gimana guys sama eventnya SMANTRA? Asik ya, bisa kompak gitu antar guru dan siswa/i-nya demi kesuksesan event. So, dari sini dapat kalian petik, sekolah adalah rumah kedua kalian, disana kalian dapat belajar dan bermain hingga mengenal apa itu kebersamaan. Jadi, jangan berbuat onar ya disekolah dan tetap lakukan hal yang produktif.

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!