Bentuk Saka Bhakti Husada

Kegiatan dibuka Waka Kwartir Daerah (Kwarda) bidang Abdimasgana, H Rusli Nawi. Foto: Pramuka Sumsel for Sumeks.

PALEMBANG ? Pramuka yang tergabung dalam Satuan Karya (Saka) Bhakti Husada makin menunjukan eksistensinya. Salah satunya dengan melaksanakan rapat koordinasi Saka Bhakti Husada, atau pramuka yang berada dalam naungan bidang kesehatan. Kegiatan dilaksanakan mulai 23-25 Maret 2017.

Peserta yang hadir dalam rakor Saka Bhakti Husada di Hotel Horizon Ultima sebanyak 130 orang peserta. Kegiatan tersebut langsung dibuka Waka Kwartir Daerah (Kwarda) bidang Abdimasgana, H Rusli Nawi. Selama kegiatan rakor berlangsung, peserta diberikan berbagai pembekalan tentang materi gugus depan.

Juga mengenai materi yang menyangkut bidang tugas dalam Saka Bhakti Husada, serta berbagai materi lainnya. Narasumber dalam kegiatan tersebut, berasal dari lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, dan juga dari jajaran Kwarda Pramuka Sumsel.
Dalam acara pembukaan Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Dra Lesty Nurainy Apt MKes yang juga sekaligus sebagai ketua majelis pembimbing saka Bhakti Husada (kamabisaka) berharap setelah mengikuti rakor, semua peserta dapat lebih mengoptimalkan saka yang ada di daerahnya.

Aplikasikan apa yang telah diperoleh dalam kegiatan ini, katanya. Sedangkan bagi kabupaten atau kota yang belum memiliki Saka Bhakti Husada, kata dia, dapat segera membentuk kepengurusan ke tingkat yang paling bawah yakni di level puskesmas.
Sehingga nantinya diharapkan anggota pramuka yang ada di sekitar Puskesmas mampu menjadi mitra bagi aparatur kesehatan dalam memberikan pemahaman terhadap pentingnya kesehatan. Sosialisasikan kepada masyarakat seperti bagaimana pentingnya menjaga kesehatan dari pada mengobati, katanya.

Sementara Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel dalam sambutannya yang dibacakan Waka Kwarda Rusli Nawi memberikan apresiasi dengan kegiatan yang dilaksanakan di jajaran Saka Bhakti Husada.

Kegiatan seperti ini menunjukan Saka Bhakti Husada memiliki kepedulian dengan kesehatan lingkungan, katanya. Pelaksanaan kegiatan tersebut, kata dia, diharapkan dapat menjadi contoh bagi saka saka lainnya. Saka lain, kata dia, dapat melakukan hal yang sama. Sehingga diharapkan kegiatan bidang pramuka yang ada di Sumsel kedepan dapat lebih meningkat.

Kwarda pramuka Sumsel akan mensupport kegiatan yang dilaksanakan saka untuk meningkatkan kapasitas saka kedepan, katanya. Terlebih, kegiatan seperti ini sangat berguna dalam meningkatkan peran dari gerakan pramuka sebagaimana yang telah menjadi harapan bersama.

Pada akhir penyampaian, Rusli Nawi juga memberikan contoh apa yang telah dilakukan aparatur kesehatan yang ada di daerah. Serta bagaimana suka maupun duka yang dihadapi dalam memberikan pelayanan di bidang kesehatan. (bis/nan)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!