Berikan Pelayanan Kesehatan Primer

Bakti sosial Rail Clinic di Empat Lawang, Kamis (9/11). Foto: PT KAI for Sumeks

PALEMBANG- Wujud tanggung jawab sosial ke masyarakat yang ada di sepanjang lintasan kereta api (KA), bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan tahun 2017, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III melakukan bakti sosial pemeriksaan kesehatan secara gratis menggunakan rail clinic yang dipusatkan di Stasiun Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang.

“ Dalam kegiatan ini, pelayanan yang diberikan untuk pemeriksaan dan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama,” ungkap Executive Vice President (EVP) PT KAI (Persero) Divre III, Andika Tri Putranto yang dihubungi melalui ponselnya, Kamis (9/11).

Dijelaskan, rail clininc ini merupakan generasi kedua dengan menggunakan dua kereta retrofit atau kereta rel diesel (KRD) yang dimodifikasi menyerupai poliklinik berjalan. Setiap ruang digunakan untuk fasilitas kesehatan berbeda. Mulai ruang monitoring dokter, ruang tindakan, pemeriksaan gigi dan ruang bersalin.

“ Di kereta pertama, seluruh tindakan medis mulai dari pelayanan darurat meliputi bantuan hidup dasar atau CPR, alat monitoring pasien, alat kejut jantung, tindakan bedah minor, rekam jantung, hingga penanganan kasus trauma dapat dilakukan. Sementara di kereta kedua terdapat fasilitas untuk tindakan persalinan, ruang pemeriksaan umum dan edukasi, dan ruang farmasi,” bebernya. (afi)

Baca selengkapnya di Harian Sumatera Ekspres Jumat (10/11). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!