Bonus Menanti Peraih Medali

DEMI INDONESIA: Perwakilan atlet mengikuti upacara pengukuhan kontingen Indonesia untuk Sea Games XXIX di Kuala Lumpur, Malaysia di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (2/8). Foto: Wahyudin/JPG

Jakarta – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akhirnya mengukuhkan kontingen Indonesia yang bakal turun di SEA Games nanti. Bertempat di Wisma Kemenpora, pengukuhan tersebut dihadiri 250 perwakilan atlet dan 55 official Indonesia.

Selain itu, hadir juga Chef de Mission (CdM), Aziz Syamsyuddin, Ketua KOI, Erick Thohir, Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto, dan Ketua Satlak, Prima Achmad Soetjipto. Dalam acara itu, CdM juga melakukan penandatanganan pakta integritas yang memuat tanggung jawab skuat Merah Putih di SEA Games 2017.

Erick Thohir mengatakan, pakta integritas tersebut bertujuan agar kontingen Indonesia memiliki komitmen tinggi pada multi-event olahraga terbesar di Asia Tenggara itu. “Kami berharap, mereka bisa tampil maksimal di SEA Games. Ajang tersebut merupakan bagian terpenting untuk menuju prestasi puncak yaitu di Asian Games tahun depan,” ujarnya.

Di SEA Games nanti, Indonesia akan diperkuat 755 orang yang terdiri dari 534 atlet, 166 official, dan 55 perangkat pendukung. CdM Aziz Syamsuddin menuturkan, nantinya kontingen Indonesia akan dilepas langsung oleh Presiden, 17 Agustus, di Istana Negara.

Disinggung mengenai target Merah Putih, Aziz mengatakan, kontingen Indonesia harus menembus peringkat 4 besar dan meraih paling sedikit 61 emas. Bukan tanpa alasan, skuat Merah Putih memang wajib memperbaiki capaian di SEA Games 2015 lalu. Saat itu, Indonesia berada di peringkat 5 dengan raihan 47 emas, 61 perak, dan 74 perunggu.

Baca Juga :  Minimal Satu Gelar

“Apalagi, beberapa cabor seperti renang dan voli terus menunjukkan peningkatan prestasi. Siman (I Gede Siman Sudartawa, Red) kemarin bisa lolos semifinal Kejuaraan Dunia. Sedangkan tim voli putra bisa menembus semifinal Kejuaraan Asia,” katanya.

Sementara itu, Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto mengatakan, pemerintah memastikan akan memberi bonus untuk peraih medali di SEA Games nanti. Rencananya, bonus tersebut akan diberikan setelah gelaran ASEAN Para Games di Malaysia selesai atau pada September 2017.

“Untuk besarannya, kami belum bisa menyampaikan berapa nominalnya. Yang jelas, bonus tertinggi untuk emas Olimpiade adalah Rp5 miliar, emas Asian Games Rp400 juta, dan emas SEA Games maksimal Rp200 juta,” katanya. Ia menambahkan, nantinya bonus para peraih medali di SEA Games akan ditambah dengan bonus dalam bentuk lain. (tif/ion/ce3)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!