BPJS Kesehatan Target Kepesertaan 95 Persen

ILustrasi

PALEMBANG – BPJS Kesehatan terus menggenjot kepesertaan baik pribadi maupun perusahaan. Ditargetkan, hingga 2019 mendatang kepersertaan bisa 95 persen. Hal tersebut diungkapkan Plh Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Palembang, dr Andi Ashar,AAK. “Kami akan terus kejar target kepersertaan ini,” katanya.

Menurutnya, berdasarkan data per April 2018 data kepesertaan BPJS cabang Palembang mencapai 64,1 persen. Ini akan terus ditingkatkan dengan peningkatan berbagai pelayanan dan mempermudah pendaftaran BPJS Kesehatan melalui berbagai kerja sama dengan instansi.

Dikatakan, menyasar peserta perusahaan pihaknya melakukan kerja sama dengan berbagai dinas terkait seperti Dinas Ketenagakerjaan dan perusahaan. Sedangkan menyasar kepersertaan pribadi, pihaknya membuka pendaftaran di pusat perbelanjaan, kantor kecamatan dan via online. “Jadi masyarakat tidak perlu repot. Diharapkan program ini mampu meningkatkan kepersertaan,” ujar Andi.

Kendati begitu, Andi mengaku, masalah pada pelaksanaan BPJS Kesehatan ini adalah mengenai tunggakan yang masih cukup tinggi terutama kepesertaan pribadi. “Masih banyak peserta yang belum sadar untuk membayar iuran setiap bulannya sehingga pendapatan kita tak sesuai dengan pembayaran atau klaim yang harus dibayar,” ujarnya tanpa menyebut berapa besar tunggakan tersebut.

Untuk faskes kesehatan tingkat 1 ada sebanyak 401 dan 36 rumah sakit yang bekerja sama di Sumsel. Untuk di Palembang sudah ada 27 rumah sakit yang bekerja sama. “Untuk rumah sakit kita sudah banyak lakukan kerja sama, sehingga ini dapat memudahkan bagi kepesertaan untuk mendapatkan layanan yang maksimal,” tukasnya. (yun/lia/ce2)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!