Bupati Minta Warga Daur Ulang Sampah Plastik

DAUR ULANG: Contoh sampah plastik yang diolah menjadi kerajinan tangan yang bermanfaat. Foto: Zulkarnain/Sumatera Ekspres

MURATARA-Peringati hari lingkungan hidup dunia‎, Bupati Muratara, H Syarif Hidayat ajak warga uraikan sampah plastik sebelum di buang ke tempat sampah. Menurutnya, saat ini ada sekitar 16 persen sampah plastik yang tidak terurai dan mengakibatkan polusi pencemaran lingkungan.

“Saat ini sampah plastik sudah mencapai 16 persen tidak terurai secara nasional. Untuk itu masyarakat harus sekuat tenaga untuk melawan sampah plastik ini agar tidak mencemari lingkungan,” katanya, Jumat (10/8).

Menurutnya, pencemaran sampah plastik paling banyak berasal dari sampah produk kemasan makanan dan minuman yang dibuang secara sembarangan. Sehingga mencemari beragam tempat, seperti lautan, sungai, danau dan daratan. Pihaknya meminta masyarakat agar mengurangi penggunaan plastik, sekaligus melakukan daur ulang sampah plastik sebelum dibuang.

“Dengan peringatan hari lingkungan hidup kali ini yang bertema Beat Plastic Pollution atau
melawan pencemaran plastik, dapat menjadi momen untuk lebih baik lagi dalam melakukan pengolahan sampah plastik,” tutupnya. (cj13)

Baca selengkapnya di harian Sumatera Ekspres Sabtu (11/8). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!