Calon DPD Tunggu PKPU

Yuswar Hidayatullah

PALEMBANG- Pascaterbitnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) RI terkait larangan calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) berasal dari pengurus ataupun fungsionaris partai politik disikapi bijak. Bahkan mereka memilih menunggu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) menyikapi putusan tersebut.

“ Kita masih menunggu PKPU tentang pencalonan DPD sebagaimana hasil putusan MK. Pasalnya, putusan MK ini keluar setelah proses pencalonan sudah berjalan. Apalagi dalam putusan tersebut, tidak mengatur berlaku surut atau periode sebelumnya,” ungkap Bakal Calon DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Sumsel, Yuswar Hidayatullah, Selasa (24/7) siang.

Apalagi menurutnya, meski diatur bahwasanya bakal calon yang maju ini harus mengundurkan diri sebagai pengurus atau fungsionaris partai, tentu harus disertai aturan yang berlaku. Karena dalam PKPU yang ada saat terkait pencalonan DPD RI tidak melarang calon bersangkutan dari partai atau bukan.

“ Kalau kita harus mundur dari partai tidak ada masalah, bila memang aturannya seperti itu. Namun sebelum itu, saya akan memastikan dulu ke DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) apakah nama saya ikut diaftarkan sebagai pengurus atau tidak. Sebab saya sudah cukup lama tidak aktif di partai ,” bebernya.

Terkait putusan MK tersebut, dirinya menyambut baik yang melarang pengurus partai maju sebagai calon anggota DPD RI. Hanya saja, secara fakta di lapangan, tidak sedikit anggota DPD yang ada saat ini merupakan pengurus partai. Bahkan ada beberapa diantaranya yang menjabat ketua umum (ketum) Partai. (afi)

Baca Juga :  Ingin Bertemu Seluruh Mantan Gubernur

Baca selengkapnya di Harian Sumatera Ekspres Rabu (25/7). 

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!