Calon Kada Bermasalah, ini Kata KPU

Ilustrasi.

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara serentak mengumumkan penetapan pasangan calon pada 171 daerah yang menyelenggarakan pilkada. Namun ada beberapa daerah yang harus mengalami pengunduran jadwal pengumuman yakni Papua.

Lantaran Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) meminta seluruh pasangan calon mengirimkan surat bukti keturunan asli Papua. Kendati demikian, sebagian besar daerah sudah menetapkan pasangan calon yang lolos seleksi.

“Seperti di Papua karena syarat calon yang dipenuhi dan melibatkan lembaga lain. Namun lembaga tersebut belum mengeluarkan,” kata Komisioner KPU Hasyim Ashari, Senin (12/2) di Gedung Bawaslu RI.

Lalu terkait calon yang menjadi tersangka ataupun ditangkap penegak hukum, KPU menyatakan tidak dapat berbuat apa-apa. Pasalnya aturan perundangan tidak melarang seorang tersangka atau yang tertangkap tangan sekalipun untuk dipilih dalam pilkada.

“Calon yang bermasalah hukum seperti di Jombang dan NTT (Nusa Tenggara Timur), maka (jika lolos) statusnya tetap lanjut. Tidak bisa kemudian dibatalkan,” ujarnya. (ran)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!