Catat… ini Janji Wako Bagi Pelajar Hafiz Quran

21
H Harnojoyo memberikan piagam kepada pelajar dalam acara Nuzulul Quran. foto: kris samiaji sumeks.co.id

PALEMBANG – Pembangunan karakter yang digagas Pemkot Palembang dimulai sejak dini. Melalui Peringatan Nuzulul Alquran dengan tema membangun generasi cinta Alquran melalui program jam ke Nol dan TPA Berbasis Sekolah di bumi perkemahan Candika, Wali Kota Harnojoyo melaunching program dari Dinas Penddikan tersebut, Rabu (14/6).

Kata Harnojoyo, TPA Berbasis Sekolah ini merupakan sinergis dengan tujuan dari pencapaian visi Palembang Emas di 2018 mendatang. Khususnya dalam menciptakan masyarakat yang madani, berkarakter membangun dengan basis agama yang kuat, dimulai sejak sekolah dasar hingga SMA di Kota Palembang. Kegiatan ini sendiri, diikuti lebih dari 4.000 siswa dan guru di Palembang.

“Tentu harapan kita nanti, Palembang akan bebas buta aksara Alquran. Hal yang sangat baik oleh Dinas Pendidikan Kota Palembang. Setelah anak–anak mampu membaca, mereka diminta memahami sehingga dapat mengamalkan,” harap Harnojoyo.

Dalam kesempatan tersebut, Harnojoyo juga memberikan secara simbolis piagam bagi peserta didik yang selama ini sudah mampu menghafal sejumlah surat lewat program Jam ke Nol yang telah digagas beberapa waktu lalu. Termasuk mereka yang memiliki keterampilan dan kemampuan saritilawah dan membaca Alquran dengan baik. Bahkan, dia juga berencana untuk mengkaji pemberian beasiswa bagi hafiz (penghafal) Alquran. Semisal di tingkat SD untuk dapat masuk SMP tanpa tes. Begitupun untuk jenjang SMP ke SMA yang akan dikoordinasikan dengan Dinas Diknas Provinsi dan Kanwil Kemenag Kota Palembang. Sebagai motivasi bagi pelajar di Kota Palembang.

Baca Juga :  Soal UN SMP Didistribusikan

“Akan kita programkan, sebagai motivasi. Karena para pelajar di Palembang tidak hanya diharapkan menjadi pintar. Melainkan juga memiliki karakter dan ahlak yang mulia berlandaskan agama yang kuat. Itu salah satu target kita ke depan,” jelasnya. (aja)

Diskusi & Komentar

Berita Lainnya!